Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Benda yang Wajib Ada di Bagasi Mobil Saat Pergi Mudik

Kompas.com - 08/04/2023, 09:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Perjalanan mudik menggunakan mobil memang perlu persiapan yang matang. Pengguna harus memastikan performa mobil dalam kondisi prima jauh-jauh hari.

Selain itu, penting juga menyediakan peralatan yang dibutuhkan bila terjadi keadaan darurat di jalan, seperti misal ban mendadak kempis atau terjadi pecah ban.

Maka ada peralatan wajib yang menjadi standar untuk disediakan di dalam bagasi atau kotak peralatan. Lantas, apa saja itu?

Baca juga: Catat Jadwal Penerapan One Way Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Bagasi Honda BR-V KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bagasi Honda BR-V

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya pengguna mobil mulai menyiapkan peralatan darurat yang belum lengkap, sehingga ketika waktu keberangkatan bisa fokus kepada hal lain.

“Peralatan darurat ini sebenarnya menjadi alat standar bawaan dari diler, seperti dongkrak, kunci roda, ban cadangan, dan kunci-kunci lainnya, tapi bisa saja alat ini terselip dan hilang sehingga perlu diperiksa dan disiapkan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Dia mengatakan dengan adanya peralatan tersebut, maka ketika dalam kondisi darurat pengguna mobil bisa langsung mengeksekusi masalah yang menimpa, misal penggantian ban.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Ganjil Genap di Jalan Tol Saat Arus Mudik dan Balik

Ilustrasi mudik.SHUTTERSTOCK/GANDI PURWANDI Ilustrasi mudik.

“Dalam hal ini, maka selain alat standar tadi, penting menyediakan alat bantu lainnya, seperti balok kayu yang dapat mempercepat proses pendongkrakan bila digunakan sebagai landasan dongkrak model ulir,” ucap Ibrohim.

Selain itu, dia juga mengatakan peting menyediakan segitiga pengaman sebagai rambu-rambu kepada pengguna jalan lainnya yang melintas.

“Dengan segitiga pengaman yang terpasang beberapa meter sebelum titik lokasi mobil, maka pengguna jalan lain akan waspada dan mengambil jarak saat melintas,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Jelang Mudik Lebaran 2023, 100 Kilometer Jalan Nasional Jateng-DIY Masih Rusak

Astra Tol Cipali menyampaikan adanya peningkatan jumlah kendaraan selama Libur Nyepi, 22-23 Maret 2023. Tol Cipali dan Polresta Cirebon memprediksi arus mudik dan balik kembali meningkat di tahun 2023 mendatang.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Astra Tol Cipali menyampaikan adanya peningkatan jumlah kendaraan selama Libur Nyepi, 22-23 Maret 2023. Tol Cipali dan Polresta Cirebon memprediksi arus mudik dan balik kembali meningkat di tahun 2023 mendatang.

Jas hujan juga menjadi alat yang penting untuk disediakan menurut Ibrohim, karena hujan bisa turun kapan saja bahkan bisa bertepatan dengan hal-hal darurat.

“Sediakan jas hujan atau payung, itu akan sangat membantu agar tidak kebasahan ketika mengharuskan keluar mobil di saat hujan, bisa juga menambahkan senter sebagai pencahayaan di malam hari,” ucap Ibrohim.

Jadi, benda-benda wajib yang perlu disiapkan dalam kotak peralatan darurat sebelum melakukan perjalanan mudik meliputi;

Baca juga: Urai Kepadatan Mudik, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tanpa Tarif

  • Ban cadangan
  • Dongkrak
  • Kunci roda
  • Pipa sambungan
  • Kunci pas-ring 10 & 8 mm
  • Balok kayu
  • Segitiga pengaman
  • Jas hujan atau payung
  • Senter
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com