Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kepadatan Mudik, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tanpa Tarif

Kompas.com - 05/04/2023, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi jumlah kendaaran yang keluar Jabotabek dari H-7 sampai H+7 Lebaran, atau periode 15-30 April 2023, mencapai 2,78 juta kendaraan, naik 6,8 persen dari periode mudik 2022.

Secara distribusi, diperkirakan mayoritas kendaraan akan mengarah ke Timur atau Trans Jawa dengan kisaran 52 persen, lalu 28 persen ke Barat atau Merak, dan sisanya 20 persen menuju Selatan atau Puncak.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang sangat mungkin terjadi, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa langkah yang salah satunya membuka empat akses fungsional yang akan dioperasikan selama masa Lebaran tahun ini.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pihaknya mempersiapkan jalur fungsional tanpa tarif di dua jalan tol milik Jasa Marga Group.

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik, Ini Daftar SPKLU di Jalan Tol


Keduanya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan dua opsi, yakni dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km.

Satu lagi Jalan Tol Solo–Yogyakarta dari Kartasura (GT Colomadu) hingga Jl. Sawit sepanjang 6 Km, serta menyiapkan fungsional akses KM 99 Jalan Tol Cipularang dan pengoperasian fungsional akses KM 149 Jalan Tol Padaleunyi.

Baca juga: Daftar Harga City Car Jelang Lebaran, Mana yang Paling Mahal?

Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

"Seluruh jalur dan akses fungsional diperuntukkan khusus kendaraan pribadi golongan 1 non bus dan non truk dibuka berdasarkan diskresi Kepolisian," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Senin (3/4/2023).

Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Lebaran bakal terjadi pada H-3 atau 19 April 2023 dengan lalu lintas mencapai 138.000 kendaraan.

Sementara untuk prediksi jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama sebesar 2,66 juta, naik 3,7 persen dari periode Lebaran 2022 atau naik 14 persen dari periode 2019.

 Baca juga: Catat, Ada 16 Ruas Tol Baru buat Mudik Lebaran 2023

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyiapkan dua ruas jalan tol beroperasi dan delapan jalan tol fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2022-2023.Dok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyiapkan dua ruas jalan tol beroperasi dan delapan jalan tol fungsional untuk mendukung arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2022-2023.

Distribusi lalu lintas keluar wilayah Jabotabek di periode tersebut mayoritas menuju ke arah Timur atau Trans Jawa sebesar 52 persen, arah Barat-Merak 28 persen, dan ke arah Selatan atau Puncak 20 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com