Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Tabrak Mobil Saat Putar Balik, Jangan Main Potong Sembarangan

Kompas.com - 06/04/2023, 15:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Saat akan putar balik, pengemudi mobil harus memperhatikan kondisi kendaraan yang melintas dari arah belakang dan sebaliknya. Sebab, kecelakaan riskan terjadi. Terutama, jika mobil atau motor yang menyeberang tertabrak kendaraan yang melaju kencang di jalur utama. 

Kejadian itu contohnya terlihat dalam unggahan @dashcam_owners_indonesia, Kamis (6/4/2023). Di dalam rekaman, tampak pengendara motor yang melaju cukup kencang menabrak mobil yang tengah putar balik. 

Namun, keterangan video itu tidak menyebutkan dimana kejadian tersebut berlokasi.

Jika diamati, pengemudi mobil di dalam video itu saat menyeberang tampak tergesa-gesa. Sepertinya, terlihat kurang konsentrasi dalam mengemudi

Menanggapi hal itu, Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, saat berada di persimpangan atau titik putar balik pengemudi mobil perlu mengalah. Menunggu, jika kondisi jalan sudah kosong dan aman. 

Salah satu putaran balik atau u-turn depan PLN  di Jalan Boulevard Grand Depok City, yang akan ditutup Dinas Perhubungan Kota Depok pada 25 Januari 2023.KOMPAS.com/M Chaerul Halim Salah satu putaran balik atau u-turn depan PLN di Jalan Boulevard Grand Depok City, yang akan ditutup Dinas Perhubungan Kota Depok pada 25 Januari 2023.

"Jelas mobil yang bersalah, harusnya saat mau masuk itu lihat kondisi jalan. Jika terlihat ada mobil atau motor, mending tahan. Berikan kesempatan buat mereka melintas, baru saat kosong kita masuk," kata Jusri kepada Kompas.com, Kamis (6/4/2023). 

Baca juga: Pahami Alasan Kenapa Mobil Dilarang Putar Balik di Jalan Tol

Bahasa komunikasi juga penting, saat akan berbelok atau menyeberang pengemudi perlu memberikan kode. Dalam kondisi itu, pengemudi sebaiknya menyalakan lampu sen dari jarak 100 meter. 

Bila melihat kejadian di dalam video, pengendara motor juga terlihat tidak sigap untuk mengurangi kecepatan. Harus diperhatikan, batas aman kecepatan kendaraan saat melaju, menentukan keputusan saat melakukan rem mendadak atau bermanuver. 

"Ada dua penyebab, pengendara motor tidak sadar ada mobil yang mau putar balik, itu pertama. Kedua, pengemudi mobil tiba-tiba masuk. Padahal, ada kendaraan yang melintas dalam jarak yang cukup dekat," kata Jusri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com