Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Putar Balik di Depan Gerbang Tol Karawaci Segera Ditutup

Kompas.com - 11/02/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad akan menutup lokasi putar balik di depan Gerbang Tol (GT) Karawaci 4 Ruas Tol Jakarta-Tangerang ditutup mulai tanggal 18 Februari 2023 pukul 00.00 WIB.

Penutupan lokasi putar balik ini untuk menjaga ketertiban belalu lintas dan penerapan aturan berkendara di jalan tol. Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 6 Ayat 1 poin (a) yang berbunyi:

Jalan tol harus mempunyai spesifikasi tidak ada persimpangan sebidang dengan ruas jalan lain atau harus mempunyai spesifikasi jumlah jalan masuk dan jalan keluar ke dan dari jalan tol dibatasi secara efisien dan semua jalan masuk dan jalan keluar harus terkendali secara penuh.

Baca juga: Video Viral Saldo Kartu Tol Tidak Cukup Sampai Bikin Macet

Lokasi putar balik di depan Gerbang Tol Karawaci 4 ditutupDOK. JASA MARGA Lokasi putar balik di depan Gerbang Tol Karawaci 4 ditutup

Penutupan lokasi putar balik ini juga dilakukan sebagai langkah pembatasan kendaraan yang dapat memasuki jalan tol atau akses jalan tol yaitu hanya kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Pgs Senior Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Aprimon menegaskan, lokasi putar balik di depan GT Karawaci kerap dilintasi juga oleh motor, padahal sudah masuk bagian dari tol.

"Hal ini bertentangan dengan Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2005 Pasal 38, bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” ujar Aprimon dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (11/2/2023).

Baca juga: Fenomena Tukang Parkir, Tiba-tiba Nongol Saat Mobil Mau Keluar


Setelah penutupan lokasi putar balik di depan GT Karawaci 4, Aprimon mengatakan ada lokasi yang baru sebelum memasuki area jalan tol.

Untuk memastikan pengguna jalan dan masyarakat terinfomasi dengan baik, Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan sosialisasi penutupan lokasi putar balik ini melalui spanduk, Dynamic Massage Sign (DMS), media sosial dan media konvensional.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat penutupan ini. Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan peraturan berkendara dan berlalu lintas. Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com