Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ungkap Penyebab Utama Kemacetan di Ibu Kota

Kompas.com - 29/03/2023, 16:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemacetan di Jakarta selama ini belum bisa diatasi secara efektif. Masih saja ada kemacetan di beberapa titik, terlebih lagi di jam-jam berangkat dan pulang kantor, jalanan biasanya dipadati oleh kendaraan.

Presiden Joko Widodo turut memperhatikan kemacetan di Ibu Kota. Menurutnya, kemacetan disebabkan karena keterlambatan membanggun transportasi massal.

“Di Jakarta terlambat 30 tahun kira-kira. Meskipun sekarang sudah ada MRT, tapi baru satu jalur. Ada LRT, tapi juga belum jalan,” ujar Jokowi, dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Berapa Suhu Ideal AC Mobil supaya Hemat BBM?

Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.

“Sehingga bapak-ibu kalau di Jakarta, pagi macet, siang macet, sore macet malam macet sekarang ini. Karena keterlambatan dalam membangun,” kata dia.

Menurutnya, keterlambatan membangun transportasi massal tidak hanya terjadi di Ibu Kota. Tapi juga di berbagai provinsi, kota dan kabupaten.

Padahal transportasi massal adalah hal yang mendasar untuk menghubungkan antar provinsi, antar kota dan kabupaten.

Baca juga: Tim RNF Aprilia Tetap Minta Marquez Dihukum Lebih Berat

“Karena kalau tidak semua orang nanti naik mobil pribadi, tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal. Akhirnya seperti yang sekarang kita lihat,” ucap Jokowi.

“Semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi akhirnya macet di semua kota sekarang ini. Tidak hanya di Jakarta. Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar, macet semuanya. Karena kita terlambat membangun transportasi publik,” ujarnya.

Sebagai informasi, memasuki bulan Ramadhan ini aktivitas warga biasanya mengalami lonjakan, karena lebih banyak masyarakat yang butuh ke luar rumah untuk ibadah, memenuhi kebutuhan atau sekadar menghabiskan waktu menunggu waktu buka.

Baca juga: Tanda Cairan Coolant Mobil Harus Segera Ganti

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

Selama bulan Ramadhan 2023 ini, pihak kepolisian memprediksi waktu terjadinya kemacetan di Jakarta akan bergeser lebih awal.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, mengatakan, pergeseran waktu kemacetan menjadi lebih awal diprediksi terjadi saat minggu pertama Ramadhan.

"Kemungkinan demikian (akan terjadi pergeseran jam macet)," kata Latif kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Kenapa Motor Tidak Boleh Naik Jalan Layang Casablanca?

Arus lalu lintas dari arah MH. Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat sudah dibuka pasca rombongan Parade MotoGP telah melintas pada Rabu (16/3/2022) pagi.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Arus lalu lintas dari arah MH. Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat sudah dibuka pasca rombongan Parade MotoGP telah melintas pada Rabu (16/3/2022) pagi.

Menurut Latif, setelah minggu pertama bulan Ramadhan, waktu kemacetan di Jakarta akan kembali normal seperti biasa.

"Biasanya kan pukul 18.00 padat. Mungkin nanti jadi jam 16.00 (sudah padat), karena mengejar untuk berbuka puasa di rumah. Tetapi hanya terjadi di awal-awal saja kemungkinan, nantinya kembali lagi," ucap dia.

Sedangkan di pagi hari, menurut dia, ada pekerja yang diprediksi berangkat usai waktu subuh, sehingga kemungkinan kemacetan akan lebih maju.

"Kalau pagi hari ada pengunduran jam kerja biasanya, nanti kita lihat regulasi dari masing-masing instansi bagaimana," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com