Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tol Nirsentuh Belum Diterapkan Saat Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 22/03/2023, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR) memastikan bila penerapan sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) belum diterapkan saat mudik Lebaran 2023 nanti.

Alasannya, sebagaimana dikatakan oleh Sekertaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal, penerapan MLFF sebagai sistem baru saat tingkat mobilitas tinggi, berpotensi menimbulkan masalah baru terkhusus di aspek lalu lintas.

"Sistem yang baru itu kalau kami coba dengan situasi yang sempurna, malah bikin masalah baru. Karena, perubahan itu, kan enggak bisa, makanya kami uji coba dalam situasi terbatas dulu," katanya, Senin (20/3/2023).

Baca juga: Aturan Bayar Tol Tanpa Henti Ditargetkan Selesai Juni 2023

Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.Dok. BPJT Ilustrasi gantry sistem MLFF di jalan tol.

Sejauh ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah mempersiapkan uji coba sistem teranyar tersebut Juni mendatang di Tol Bali Mandara.

Terkait pelaksanaan uji coba yang akan dilaksanakan pada akhir Kuartal II 2023 tersebut, bahwa progres pekerjaan sudah tembus 50 persen.

Ketika tahap uji coba selesai, pihak BPJT akan melaporkannya kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Setelah itu barulah keputusan komersialisasi MLFF dilakukan.

"Yang di Bali belum komersial, untuk uji coba memastikan keandalan, baik alatnya, keandalan aplikasinya, gantry-nya, kameranya, dan integrasi data yang dimiliki sistem ini dengan kepolisian," kata Zainal.

Baca juga: Cara Merawat Transmisi Mobil Matik Supaya Lebih Awet

Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022 PT JTD JAYA PRATAMA Sistem transaksi jalan tol tanpa henti berbasis MLFF akan mulai uji coba 2022

Dalam kesempatan teprisah, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Aan Suhanan menyebut bahwa penerapan MLFF akan menjadi awal untuk tertib data mengenai kepemilikan kendaraan bermotor.

Sebab untuk mengoptimalisasikan kebijakan itu, diperlukan data terintegrasi ke basis data milik Korlantas Polri dan pihak lainnya.

"Sangat bagus sekali ini, MLFF menuju Indonesia tertib. Tertib data terutama," kata Aan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com