Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Marak Maling Motor di Semarang, Jangan Parkir Sembarangan

Kompas.com - 18/03/2023, 06:32 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Aksi pencurian sepeda motor dalam sepekan terakhir marak terjadi di Semarang, Jawa Tengah. Pelaku kejahatan mengincar motor yang terparkir di tepi jalan, tempat kos, sampai hotel. 

Dalam nggahan video @kejadiansmg, Jumat (17/3/2023), terlihat pelaku beraksi begitu cepat untuk membawa kabur motor curian. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengingatkan, jangan pernah membiarkan motor tidak terkunci. Kunci pengaman ganda dibuat untuk keamanan kendaraan di tempat parkir. 

Ilustrasi Honda Genio 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Genio 2022

"Kunci motor sekarang sudah keyless, jadi satu dengan alarm. Itu pakai sensor sinyal, motor jika ditinggal wajib dipastikan sudah aktif kuncinya," kata Nurhadi. 

Baca juga: Marak Kasus Curanmor, Kenali Jenis Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Founder & Training Director Jakarta Defensive Jusri Pulubuhu mengatakan, jika parkir sepeda motor perhatikan lokasinya, di tempat yang ramai pun belum tentu aman. Pastikan, tidak ada gerak-gerik pelaku kejahatan yang mencurigakan. 

Percobaan pencuri kendaraan bermotor bersenjata api kembali terjadi. Kali ini terjadi di perumahan Dian Asri, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Tangkapan layar video Percobaan pencuri kendaraan bermotor bersenjata api kembali terjadi. Kali ini terjadi di perumahan Dian Asri, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Lihat dulu, kadang ada orang yang kira-kira mengincar motor atau mobil yang parkir. Tempat parkir yang aman harus ada petugas jaga, tukang parkir. Dan, pastikan pemilik motor bisa mengawasi dari jauh," kata Jusri. 

Dari sejumlah kasus pencurian di Semarang, pelaku beraksi di parkir kosan dan hotel. Untuk antisipasi dan memperlambat aksi pencurian ada opsi bagi pemilik untuk menambah keamanan motor. 

Baca juga: Aksi Pencurian Pecah Kaca Mobil Terjadi Lagi, Ini Cara Menghindarinya

"Bisa pasang kunci di roda. Disc brake yang terkunci membuat motor lebih sulit dicuri," kata Jusri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com