Marak Kasus Curanmor, Kenali Jenis Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Kompas.com - 29/03/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian motor (curanmor) mulai marak lagi terjadi. Motor yang diincar tidak hanya yang mudah dibobol, namun juga sudah dikunci seperti pada umumnya.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Slipi, Jakarta Barat. Diunggah oleh akun @jabodetabek.terkini, terekam CCTV seorang pelaku pencuri motor sedang menggotong kendaraan hasil curiannya.

Baca juga: Menyalip Tak Pakai Perhitungan, Motor Jatuh karena Salah Mengerem

Tampak dari rekaman tersebut, motor yang dicuri rupanya sudah dikunci setang, sehingga sulit untuk dibobol. Namun alih-alih membobol, pelaku mengangkat bagian depan motor dan mendorongnya.

Selain mengunci setang, ada beberapa pengaman tambahan untuk motor agar tidak mudah dibobol, seperti kunci pengaman di rem cakram dan kunci pengaman di tuas rem.

"Yang pasti kunci ganda lebih dianjurkan karena sudah terbukti bisa mencegah pencurian," ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

Kunci pengaman di rem cakram merupakan salah satu pengaman yang biasa digunakan pemilik sepeda motor. Materialnya kuat, namun berukuran kecil sehingga lebih mudah untuk disimpan.

Sedangkan kunci pengaman tambahan di tuas rem bekerja dengan cara mengunci tuas rem dan tuas gas, sehingga tidak bisa digunakan.

Baca juga: Tak Terima Ditegur Lawan Arus, Driver Ojol Aniaya Pengemudi Mobil

Sehingga, saat kunci setang bisa dibobol, motor tetap tidak akan bisa dijalankan karena tuas gasnya terkunci.

Terakhir, penting bagi pemilik sepeda motor untuk memilih lahan atau area parkir yang aman dan tidak rawan pencurian. Kemudian, jangan tinggalkan motor tanpa pengamanan saat akan ditinggal, walaupun untuk waktu yang sebentar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.