Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 07/03/2023, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi atau spark plug memiliki peranan penting dalam sistem kerja mesin sepeda motor. Busi yang rusak dapat mempengaruhi kinerja mesin.

Untuk itu, perlu penggantian busi motor secara berkala. Penggantian itu bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal.

Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support NGK Spark Plugs membagikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan pengendara untuk mengetahui kapan sebaiknya busi diganti.

“Cara yang pertama itu mengukur jarak tempuh motor, ini cara mudah yang bisa dilakukan oleh pengendara awam. Optimalnya, busi motor harus diganti setiap 6.000 kilometer sampai 10.000 kilometer,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Skutik Gambot Jangan Pakai Pelek Aluminium, Bisa Peyang

Pembersihan busiKompas.com/Erwin Setiawan Pembersihan busi

Diko melanjutkan, rumus mudah untuk melengkapi cara pertama adalah dengan mencocokkan waktu ganti oli, dengan waktu ganti busi. Dalam hal ini, sebaiknya penggantian busi dilakukan setelah dua kali ganti oli.

Cara pertama adalah cara standar sesuai SOP, dalam artian motor digunakan dalam keadaan normal dan tidak mengalami kendala apapun.

“Selain cara pertama ada juga cara kedua, yaitu berdasarkan feeling. Kalau start-up motor sudah mulai susah atau tarikan terasa kurang. Enggak perlu menunggu 6.000 kilometer, busi bisa langsung diganti,” kata Diko.

Baca juga: Beli Pelek Motor Bekas, Terlihat Mulus Belum Tentu Bagus

Kondisi elektroda busi motor Kompas.com Kondisi elektroda busi motor

Untuk lebih memastikan kondisi busi, pengendara bisa mencopot busi dan melihat kondisinya secara langsung.

“Coba lihat bagian elektroda busi. Jika elektrodanya sudah berbentuk oval dan enggak kotak lagi serta ditemui banyak karbon jelaga, bisa dipastikan busi sudah aus,” kata Diko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke