Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Setir Toyota Innova Zenix, Sekian Biayanya

Kompas.com - 07/03/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARATA, KOMPAS.com - Cangkupan modifikasi kendaraan bermotor sangatlah luas, sesuai dengan kebutuhan para pemiliknya. Bagian yang bisa diubah atau disempurnakan pun beragam, tidak terkecuali lingkar kemudi.

Biasanya, sektor tersebut dimodifikasi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara seraya menambah estetika supaya semakin modern. Terlebih apabila setir ditambah pengaturan media hiburan.

Seperti contoh yang sedang ramai dilakukan adalah modifikasi upgrade setir Toyota Innova Zenix tipe G menjadi tipe Q atau tipe V.

Baca juga: Skutik Gambot Jangan Pakai Pelek Aluminium, Bisa Peyang

Salah satu bengkel spesialis setir dan body part Bobby Spec Rare Item, yang berlokasi di Mega Kemayoran Glodok (MGK), Kemayoran, Jakarta, menyediakan paket upgrade setir Innova Zenix.

setir toyota innova zenix type qKompas.com/Nanda setir toyota innova zenix type q

“Di sini kita menyediakan setir Zenix ini bisa digunakan ke semua mobil Toyota. Jadi kita punya setir dari tipe yang paling rendah, G, kemudian V, dan Q. Ada juga yang motif karbon,” ucap Muhammad Bobby pemilik bengkel spesialis setir dan body part Bobby Spec Rare Item, saat ditemui di MGK Kemayoran, Senin (6/3/2023).

Sebagai informasi, setir Innova Zenix tipe G memang belum dilengkapi fitur yang lengkap seperti yang ada pada tipe V. Tipe G hanya memiliki tombol audio, MID dan tombol telepon. Sementara untuk tipe V belum tersedia fitur paddle shift, sedangkan untuk tipe Q sudah tersedia.

Bobby menambahkan, bagi konsumen yang ingin menyematkan fitur cruise control dan paddle shift pada lingkar kemudi juga bisa ditambah.

“Jadi di setir sudah include, kalau konsumen pilih kemudi yang ada tombol (cruise control), kita tinggal aktifin tombolnya, sama juga dengan paddle shift,” kata Bobby.

setir innova zenix carbonKompas.com/Nanda setir innova zenix carbon

“Kecuali part di dalam setirnya belum ada, nah itu beli lagi. Contohnya kaya clock spring, jadi ada mobil yang belum punya clock spring. Konsumen harus beli komponen itu dulu biar tombolnya bisa konek ke head unit,” lanjutnya.

Bobby melanjutkan, untuk kisaran harga setir Innova Zenix yang ditawarkan mulai dari Rp 9,5 juta sampai Rp 17,5 juta. Sementara untuk pengerjaan membutuhkan waktu kurang lebih satu sampai dua jam.

Baca juga: Pilihan Pelek Motor Aftermarket Harga Terjangkau

“Range harga setir Zenix, untuk yang karbon itu Rp 17,5 juta, tipe Q modelista Rp 15 juta, tipe V Rp 12,5, di bawahnya lagi atau tipe G Rp 9,5 juta. Kemudian kalau (setir) belum support clock spring itu ada tambahan biaya lagi Rp 1,5 juta,” kata Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com