Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Bulan Puasa, Angka Penjualan Mobil Bekas Mulai Naik

Kompas.com - 07/03/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang puasa, angka penjualan kendaraan bermotor roda empat biasa mengalami kenaikan. Tak hanya yang berstatus baru, melainkan juga pasar mobil bekas.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di Mega Kemayoran Glodok (MGK), Senin (6/3/2023), beberapa pebisnis mobil bekas mengatakan, peningkatan pasar jelang puasa sudah mulai terasa dan cukup signifikan.

Pada momen-momen itu daya beli masyarakat sedang meningkat lantaran diguyur uang tunjangan hari raya (THR). Namun, ada juga yang membeli karena ingin digunakan untuk mudik dan berkeliling ke tempat saudara.

Baca juga: Skutik Gambot Jangan Pakai Pelek Aluminium, Bisa Peyang

Daniel Libianto, pedagang mobkas dari Victory 88 Autocar, Jakarta, mengatakan, bisnis mobil bekas sudah terlihat mengalami peningkatan menjelang puasa Ramadhan 2023.

“Peningkatan sekitar 50 persen sampai 70 persen dibanding biasa. Bahkan kalau lagi ramai bisa sampai 100 persen,” ucap Daniel, saat ditemui Kompas.com, di MGK Kemayoran, Senin (6/3/2023).

ilustrasi mobil bekasKompas.com/Nanda ilustrasi mobil bekas

Sementara itu untuk jenis mobil yang banyak dicari oleh konsumen jelang Lebaran, Daniel menambahkan, belum ada perubahan dari tren sebelumnya.

Mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) masih menjadi kendaraan yang banyak diburu oleh peminat mobil bekas jelang Hari Raya.

“LMPV pasti, misalnya seperti Avanza, yang tiga baris, 7 seater. Kalau rentang harga kita tidak bisa bilang berapa ke berapa, karena kan mobil banyak harganya. Tapi kalau ditanya yang paling banyak dicari kisaran Rp 100 juta sampai Rp 150 juta,” kata Daniel.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rhomy dari diler mobkas Langgeng Indah Makmur. Rhomy mengatakan, bisnis mobil bekas jelang puasa dan Hari Raya mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

Diler Mobil Bekas di MGK KemayoranKompas.com/ Janlika Putri Diler Mobil Bekas di MGK Kemayoran

“Sekarang juga sudah mulai terasa peningkatannya, biasanya kita jual mobil cuma 5 unit, kalau mau lebaran itu bisa 10. Kalau otomotif (bisnis jual beli mobil) itu sebetulnya momen, kayak mau lebaran, natal tahun baru, libur anak sekolah, itu pasti meningkat,” kata Rhomy.

Tak berbeda dengan Daniel, Rhomy mengatakan, mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang tetap menjadi favorit konsumen jelang puasa dan lebaran.

Baca juga: Pilihan Pelek Motor Aftermarket Harga Terjangkau

“Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Terios, pokoknya yang seven seater, mobil keluarga itu banyak dicari,” ucap Rhomy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com