Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Motor Listrik Butuh Minimal Jarak Tempuh 100 Km Sekali Cas

Kompas.com - 27/02/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini, pilihan motor listrik di pasaran terbilang cukup beragam. Pada pameran IIMS 2023 misalnya, motor listrik dibanderol mulai Rp 10 jutaan hingga ratusan juta rupiah, bahkan ada yang tembus miliaran rupiah.

Dengan harga yang cukup bervariasi, sebetulnya motor listrik seperti apa yang banyak dicari konsumen?

“Pada umumnya survei yang kita lakukan ke konsumen, minimal 100 Km. Namun memang, kalau baterai bisa 100 Km, harganya jadi lebih mahal,” ujar Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna (Selis), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (25/2/2023).

Baca juga: Beberapa Motor Listrik Merek Jepang Sudah Lolos Uji Tipe

Motor listrik parikan China, Yadea resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Yadea klaim berhasil menjual ratusan unit motor  dan sepeda listrik di ajang IIMS 2023.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik parikan China, Yadea resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Yadea klaim berhasil menjual ratusan unit motor dan sepeda listrik di ajang IIMS 2023.

Wilson mengatakan, sebetulnya konsumen yang membeli motor listrik dengan jarak tempuh 100 Km, tidak selalu melakukan perjalanan sejauh itu tiap harinya.

"Padahal belum tentu, memang banyak yang ingin jarak tempuh tinggi, tapi maunya murah. Dan juga pemakaian sebenarnya tidak jauh,” ucap Wilson.

Meski begitu, bagi sebagian orang terutama yang bekerja sebagai ojek daring maupun kurir, memang butuh motor listrik dengan jarak tempuh di atas 100 Km.

Baca juga: Honda Brio Bekas Dijual Rp 355 Juta, Bertenaga Buas 530 HP

“Bayangkan 100 Km, bisa dari BSD ke Bekasi, pulang-pergi. Jadi apakah sampai perlu begitu secara harian? Itu yang kami kembalikan lagi ke konsumen. Sebenarnya kebutuhan konsumen bagaimana,” ucap Wilson.

“Oke, Ibu perlunya hanya pakai di lingkungan perumahan. Ibu pilih yang harganya sekian. Oh, Bapak butuh angkut berat, kebutuhan niaga, berarti pilih yang ini,” ujar dia.

Sebagai informasi, pada dasarnya Selis menawarkan 3 pilihan baterai buat setiap pembelian motor listrik.

“Ada 3 pilihan baterai, yang pertama Lead Acid mencapai 50 Km rata-rata. Yang kedua adalah baterai lithium mencapai 120 Km, yang ketiga (baterai lithium) adalah yang mau kita launching ini mencapai 180 Km,” kata Wilson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com