Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keselamatan Berkendara Dimulai dari Lingkungan Keluarga

Kompas.com - 26/02/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keselamatan berkendara memang baru bisa dilakukan ketika dipahami, bukan cuma diketahui. Jika sudah paham, maka pengendara akan lebih waspada di jalan dan tidak melakukan hal yang berbahaya.

Sayangnya di jalanan, sering saja ditemui anak-anak di bawah umur yang ugal-ugalan atau berlaga ekstrem seperti speeding dan sebagainya. Tentu hal tersebut bisa berbahaya buat dirinya atau orang lain.

Mengenai hal tersebut, keluarga punya peran penting dalam menciptakan pengguna jalan yang tertib. Jadi bukan cuma edukasi saja, tapi kebiasaan yang dilakukan orang tua bisa berdampak ke anak.

Baca juga: Ada Pekerjaan Overpass di Tol Cipularang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Kondisi kendaraan roda empat Toyota Innova berpelat polisi AA 933 FK, yang ringsek setelah mengalami kecelakaan di Jalan Tol Solo-Kertosono atau Solo-Ngawi, KM 512.800 Jalur B, Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/2/2023).KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Kondisi kendaraan roda empat Toyota Innova berpelat polisi AA 933 FK, yang ringsek setelah mengalami kecelakaan di Jalan Tol Solo-Kertosono atau Solo-Ngawi, KM 512.800 Jalur B, Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/2/2023).

Kombes Pol Mohammad Tora, Kasubdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri mengatakan, orang tua harus belajar dan memberikan contoh yang baik dan harus sering mengawasi.

"Misal memanaskan motor atau mobil boleh, cuci motor juga, asal jangan dinaikin (dibawa) keluar. Orang tua harus tanamkan seperti itu," ucap Tora kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (26/2/2023).

Selain itu, dari kebiasaan orang tua juga harus menjadi contoh yang baik. Misalnya seperti memakai helm ke mana pun walau jaraknya dekat, begitu juga soal sabuk keselamatan.

Baca juga: Aksesori Bapak-bapak buat Xpander 2022, Full Spec Cuma Rp 4 Jutaan


"Misal naik motor harus pakai helm, maksimal dua orang, bukan berapa orang," ucap Tora.

Jadi sebenarnya kembali lagi ke keluarganya. Selain itu butuh kemauan juga yang besar untuk mendidik anak dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com