Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melihat fasilitas pabrik, redaksi bersama beberapa rekan media lainnya juga berkesempatan menguji Omoda 5 yang masih fresh keluar dari pabrik langsung di proving ground milik Chery yang berada di Wuhu, China.

Dari segi performa, tak berbeda dari Omoda 5 yang sudah pernah kami rasakan di Indonesia. Tapi tentunya punya sensasi yang lain, karena kami menguji langsung di area yang memang dikhususkan untuk pengetesan.

Tak hanya trek lurus saja, tapi juga beberapa area seperti skid pad, jalan bergelombang, serta melakukan manuver di tajam untuk berbelok dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Menyapa Omoda 5 Listrik yang Siap Meluncur Tahun Ini

Untuk pertama, tentu saja redaksi langsung melakukan pengujian di lintasan lurus dengan panjang kurang lebih 2 kilometer (km). Momen ini redaksi gunakan untuk merasakan tenaga bawah hingga atas dari Omoda 5.

Test drive Omoda 5 langsung dari markasnya di Wuhu, ChinaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drive Omoda 5 langsung dari markasnya di Wuhu, China

Dapur pacu berkapasitas 1.500 cc turbo yang digunakan pada Omoda 5 sebenarnya sama dengan Tiggo 7 Pro.

Mesin ini mampu menyajikan tenaga 155 tk pada 5.500 rpm dan torsi 230 Nm di 1.750-4.000 rpm, yang disalurkan melalui transmisi CVT 9 percepatan virtual ke penggerak roda depan.

Saat pedal gas ditekan habis, akselerasi putaran tenaga bawah tergolong responsif, hal ini selaras dengan data torsi yang memang cukup besar. Begitu juga di putaran tengah.

Perpindahan gigi terasa halus tanpa ada hentakan, untuk mencapai kecepatan 100 kpj juga bukan hal yang sulit bagi Omoda 5.

Baca juga: Tak Seperti Dulu, Chery Buktikan Mobil China Bukan Produk Murahan

Test drive Omoda 5 di Wuhu, ChinaChery Test drive Omoda 5 di Wuhu, China

Tak hanya tenaga, handling yang dihadirkan juga cukup baik. Platform T1X yang digunakan Omoda terasa lebih rigid ketika mobil ditekuk dalam kecepatan 40-50 kpj.

Efek body roll terasa lebih minim dibanding Tiggo 7 Pro, dan kontrol kemudi juga terasa stabil sehingga pengendara bisa merasakan efek fun to drive yang dihadirkan.

Menariknya, memang dari sajian kenyamanan berkendara, Omoda 5 memang sudah cukup modern. Mulai dari jok ala semi bucket, kemudi flat-bottomed, serta sisi ergonomis bagi pengendara.

Baca juga: Bahas Konsep Omoda 5 Langsung dengan Desainernya

Hal ini tentu menjadi nilai lebih. Tapi di lain sisi, efek dari suspensi yang sedikit keras bisa berdampak pada sisi kenyamanan penumpang.

Omoda 5 di Wuhu, ChinaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Omoda 5 di Wuhu, China

Intinya, meski singkat tapi pengalaman berkendara Omoda 5 langsung di tanah kelahirannya memang punya kesan tersendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com