Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2023, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota memiliki satu model mobil mewah yang disebut-sebut Rolls-Royce dari Jepang, yakni Century. Belum lama ini, Toyota dikabarkan akan membuat versi sport utility vehicle (SUV) dari model tersebut.

Sejak 1967 dipasarkan, Toyota membuat Century hanya dalam wujud sedan. Kali ini, Toyota akan mengikuti tren pasar dengan menyasar segmen SUV.

Baca juga: Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Keliaran di Jalanan Jakarta

Dikutip dari Autoblog.com, Senin (6/2/2023), SUV mewah itu akan diluncurkan tahun ini. Belum diketahui akan seperti apa wujudnya, tapi sedan Century sekarang memiliki komponen yang sama dengan Lexus LS.

Sedan mewah Toyota CenturyDok. Autoblog.com Sedan mewah Toyota Century

Pada dapur pacunya, dikabarkan akan dibekali dengan mesin hybrid 3,5 L berkonfigurasi V6. Mesin tersebut juga digunakan oleh Lexus LS 500h dan LC 500h.

Kabarnya, desainnya akan mirip dengan SUV Rolls-Royce Cullinan. Mobil tersebut memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 5.207 mm dan lebar 1.955 mm.

Baca juga: Tertarik Punya Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Ini Syaratnya

Harganya dikabarkan akan ada di kisaran 10 juta yen hingga 15 juta yen atau Rp 1,1 miliar hingga Rp 1,7 miliar. Tak heran jika mobil ini disebut untuk para sultan.

Toyota Century Concep generasi ketigaAFH Toyota Century Concep generasi ketiga

Sebab, Century di Jepang biasa digunakan oleh Rumah Kekaisaran Jepang, Perdana Menteri Jepang, pemimpin senior pemerintah Jepang, dan pengusaha eksekutif tingkat tinggi.

Century sendiri posisinya berada di atas Crown. Mobil ini disebut-sebut sangat eksklusif, karena hanya dipasarkan untuk Jepang alias Japanese Domestic Market (JDM). Selain itu, produksinya juga sangat terbatas, hanya ratusan unit per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com