Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Akronim Jalan Tol di Indonesia, Banyak yang Salah Sebut Tol Cipali

Kompas.com - 02/02/2023, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol menjadi infrastruktur yang sudah tidak asing lagi bagi sejumlah pengendara di Indonesia.

Pembangunan dari jalan bebas hambatan ini juga kian diperluas untuk memudahkan mobilisasi masyarakat. Alhasil, jumlah jalan tol di Indonesia kini terus bertambah.

Uniknya, agar lebih mudah mengingat nama dari deretan jalan tol, penyebutan nama akronim jalan tol kerap lebih populer digunakan.

Misalnya seperti Tol Jagorawi, Tol Padalarang, Tol Bocimi dan sebagainya yang merupakan gabungan suku kata dari beberapa nama jalan tol.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hybrid Februari 2023, Almaz, Ertiga, dan Kicks Naik

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, jika hadirnya penggunaan nama akronim dari jalan tol tidaklah menjadi aturan resmi dari pihak pengelola.

“Penggunaan akronim dari jalan tol hanya untuk mempermudah, bukan nama resmi. Kita sebagai regulator tidak pernah memformalkan akronim sebagai nama resmi jalan tol,” kata Danang kepada Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Artinya penyebutan akronim dari nama jalan tol muncul dari mulut ke mulut agar mudah lebih di ingat. Hanya saja, masih banyak yang keliru arti atau kepanjangan dari penyebutan akronim jalan tol.

Berikut beberapa akronim jalan tol yang populer di Indonesia dan kepanjangannya:

1. Tol Jagorawi

Tol Jagorawi.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tol Jagorawi.

Tol Jagorawi merupakan jalan bebas hambatan pertama di Indonesia yang beroperasi sejak 1978. Artinya budaya penggunaan akronim untuk penyebutan nama jalan tol sudah ada sejak lama di Tanah Air.

Tol Jagorawi sendiri merupakan singkatan dari Jakarta – Bogor – Ciawi. Jalan tol sepanjang 59 km ini menghubungkan wilayah Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor dan Ciawi.

2. Tol Cipali

Akronim populer lainnya dari nama jalan tol adalah Tol Cipali. Jalan Tol Cipali merupakan singkatan dari Cikopo – Palimanan. Memiliki total panjang 116 km, tol ini yang menghubungkan wilayah Cikopo di Purwakarta dan Palimanan di Cirebon.

Jalan tol yang diresmikan pada 2015 ini memangkas rute sekitar 40 km dibanding melewati jalur Pantura.

Banyak yang salah mengira kepanjangan dari Cipali adalah Cikampek - Palimanan, karena memang Tol Cipali dimulai setelah Tol Cikampek.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com