Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Bisnis Taksi Konvensional di Era Gempuran Taksi Online

Kompas.com - 29/01/2023, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan bisnis layanan transportasi di Indonesia saat ini masih bersaing ketat. Apalagi setelah kemunculan layanan taksi online yang menggeser eksistensi dari layanan taksi konvensional.

Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan taksi konvensional di Jakarta yang berguguran usai taksi online membuka pelayanan pada 2015. Untuk itu, berbagai strategi turut dikerahkan oleh perusahaan taksi agar tetap eksis.

Salah satunya perusahaan taksi mengganti jenis armada yang digunakan dengan mobil model lain. Jika sebelumnya taksi identik menggunakan mobil mewah jenis sedan, kini bergeser menggunakan model LMPV (Low Multi Purpose Vehicle).

Baca juga: Kenali Tanda Honda PCX Perlu Servis CVT


Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, jika perusahaan taksi memilih mobil sedang sebagai armada operasional bukan untuk menunjukan sebagai transportasi mewah, namun kenyaman kepada penumpang terbayarkan lewat layanan yang diberikan.

Peralihan menggunakan mobil jenis lain justru menurut Bebin membawa dampak positif bagi penumpang dan juga perusahaan taksi.

Taksi Blue Bird.Dok. Shutterstock Taksi Blue Bird.

“Kalau taksi pakai jenis LMPV, keuntungan akan di dapat bagi mereka yang pakai taksi dari bandara atau stasiun, karena muat bagasi banyak. Sedangkan untuk aktifitas sehari-hari, misalnya dengan teman-teman kantor yang keluar bareng, bisa beramai-ramai patungan, sehingga bayarnya bisa lebih murah,” kata Bebin kepada kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

Baca juga: Nissan Siap Perkenalkan Mobil Sport Listrik

Artinya, dengan perubahan jenis kendaraan taksi dari sedan menjadi LMPV justru membawa dampak positif bagi perusahaan taksi karena mampu menarik minat penumpang. Langkah ini tentunya memperkuat bisnis taksi konvensional di tengah maraknya taksi online.

“Blue Bird saat ini masih berjaya. Tarif taksi online saat jam sibuk akan lebih mahal dari Blue Bird. Pelayanan dan kondisi kendaraan jadi kunci utama di samping mengikuti perubahan tuntutan pasar,” kata Bebin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke