Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMMIN Jadi Pionir Eksportir Kijang Innova Zenix Hybrid Tahun Ini

Kompas.com - 26/01/2023, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan  Kijang Innova Zenix hybrid bakal jadi mobil berteknologi elektrifikasi pertama berstatus ekspor dari Indonesia, tahun ini.

Selain menjadi penyumbang ekspor mobil secara utuh (CBU) terbesar, belum ada merek lain yang pernah ekspor jenis kendaraan elektrifikasi buatan pabrik di Indonesia.

Pihak TMMIN menyatakan, sejak diluncurkan kali pertama di Indonesia, November 2022, respons dari beberapa negara tujuan ekspor terbilang baik. Terkhusus, dari wilayah Asia Tenggara (ASEAN) dan Timur Tengah.

"Tahun ini Kijang Innova Zenix akan diekspor, tunggu saja tanggal mainnya. Ini untuk dua-duanya baik konvensional maupun hybrid," kata Direktur Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Ekspor Toyota Indonesia Cetak Rekor di 2022, Dikirim ke 80 Negara

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.dok TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Kinerja ekspor mobil hybrid buatan Indonesia juga menjadi tonggak sejarah Indonesia, karena mampu meningkatkan kualitas daya saing manufaktur di level teknologi hijau.

"Ekspor terutama ke Timur Tengah, Asia, lalu yang baru (negara tujuan) ke Afrika," lanjutnya.

Kendati tidak disebut seberapa banyak volumenya nanti, dijelaskan bila keputusan untuk mengekspor Kijang Innova Zenix sebagai upaya perseroan menjaga pasar luar negerinya. Walau memang sekarang permintaan untuk produk dimaksud masih sangat besar.

Sebagai upaya menjaga suplai dan produksi, Bob mengatakan pihaknya akan perbanyak komponen kendaraan hybrid, khususnya yang berkaitan dengan teknologi elektrifikasi.

"Bayangan kita di awal, 60 persen permintaan itu dari konvensional dan sisanya hybrid, tapi saat ini malah keterbalikannya. Kemudian permintaan elektrifikasi di negara lain juga meningkat," katanya.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Beli Xpander Cross Kini Tanpa Inden

Innova Zenix V BensinKOMPAS.com/Adityo Wisnu Innova Zenix V Bensin

Sebelumnya, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjanto menyatakan bila alokasi Kijang Innova Zenix untuk pasar lokal dan internasional ialah 50:50. Namun pada tahap awal, perseroan akan memfokuskan ke kebutuhan domestik lebih dahulu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.