Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim depan Ducati jadi pemasok tunggal MotoE. Ducati mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi motor listrik Ducati V21L buat balapan MotoE pada 16 Januari lalu.

Sebanyak 23 unit mesin diperkirakan akan selesai produksinya pada pertengahan Februari 2023. Selain 18 unit mesin yang akan ikut serta dalam lomba tersebut akan diproduksi 5 unit mesin cadangan.

Baca juga: Benelli Luncurkan Leoncino 150, Lawan Motor Sport 150 cc di Indonesia

CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan, saat ini masalah utama motor listrik ialah bobot kendaraan di mana peran paling besar yaitu dari bobot baterai.

Motor listrik buat MotoE, Ducati V21LDok. Response Motor listrik buat MotoE, Ducati V21L

“Untuk sepeda motor listrik, masalah utamanya adalah bobot baterainya,” kata Domenicali mengutip Tuttomotoriweb.it, Selasa (24/1/2023).

Masalah bobot menjadi krusial jika bicara soal persaingan MotoE dengan kelas lainnya. Meski era elektrifikasi makin gencar, sulit buat motor listrik menyamai MotoGP bahkan catatan waktu MotoE saat ini setara Moto3.

“Kami memiliki program untuk membuat sepeda motor seringan mungkin,” ujarnya. Masalah bobot justru karena baterainya yang teknologinya belum begitu canggih sehingga memungkinkan prototipe ini bersaing dalam hal bobot dengan kelas premier," kata dia.

Ducati sendiri telah meminimalkan bobot baterai, yang kini lebih ringan 35 kg dari motor yang dipakai di MotoE sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan MotoGP, bobot motor-motor MotoE lebih berat 68 kg.

Baca juga: Bos Ducati Akui Sedikit Pebalap yang Bisa Pertahankan Gelar

Motor listrik Ducati V21LPAULTAN.org Motor listrik Ducati V21L

Selain soal bobot, faktanya motor MotoGP dengan kapasitas 1.000 cc menghasilkan tenaga dua kali lipat dari MotoE yang berkisar antara 300 tk. Hal ini yang terus dikembangkan oleh produsen motor listrik termasuk Ducati.

Di atas kertas, Ducati V21L menghasilkan output maksimum 150 PS atau setara 148 Tk dan torsi maksimum 14,3 kgm atau setara 140 Nm. Motor memiliki kecepatan maksimum 275 kpj yang dicapai selama uji coba di sirkuit Mugello di Italia.

Selain itu, motor listrik ini mengusung inverter berperforma tinggi dengan bobot 5 kg. Sementara baterai berbobot 110 kg dan memiliki kapasitas penyimpanan 18 kWh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.