Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 17:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil transmisi manual dan matik sempat menjadi perbincangan yang ramai oleh para pecintanya.

Lewat adu stiker di belakang kaca mobil, pengguna mobil manual mengunggulkan diri dengan sistem tiga pedalnya sementara pengguna mobil matik juga tidak mau ketinggalan.

Hal itu terjadi lantaran mobil matik lebih mudah dalam pengoperasiannya, maka dari itu pemilik mobil manual beranggapan pengguna tiga pedal tentu lebih jago dalam hal mengemudikan mobil.

Terlepas dari itu, memang benar jika transmisi manual lebih dicintai lantaran biaya perawatannya yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil matik. Mobil manual juga lebih unggul di beberapa sektor. Apa saja itu?

Baca juga: Benarkah Beli Mobil Bekas Lebih Baik yang Transmisi Manual?

Transmisi manual butuh perawatan ganti oliIST Transmisi manual butuh perawatan ganti oli

Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto mengatakan, mobil dengan transmisi manual memiliki sistem pengoperasian yang sederhana hanya memainkan pedal kopling dan memasukan gigi yang dibutuhkan.

“Meski terkesan lebih ribet karena harus setiap saat mengoper gigi berdasarkan kebutuhan mobil, sebenarnya sistem pengoperasian transmisi manual lebih sederhana, hanya memainkan pedal kopling dan memasukkan gigi,” ucap Tri kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Dia mengatakan seandainya terjadi kesalah pengoperasian seperti gigi yang dibutuhkan tidak sesuai maka mesin akan merespon dengan baik dan aman.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Manual, Gigi Sebaiknya di Posisi N

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

“Mobil transmisi manual kalau salah gigi, misal torsi yang dipikul mesin jadi berat dan jika tidak sanggup mesin akan merespons dengan memunculkan getaran hebat, dan berujung mesin akan mati,” ucap Tri.

Menurut dia, hal itu membuat transmisi manual lebih aman karena dari kesalahan pengoperasian tidak akan menimbulkan dampak kerusakan yang serius.

“Bila mesin mati, ya tidak akan ada kerusakan karena tidak akan terjadi putaran lagi, jadi lebih aman daripada mobil matik,” ucap Tri.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Ilustrasi tuas transmisi manual mobil ToyotaJames Gilboy/thedrive.com Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.