Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Ducati Akui Sedikit Pebalap yang Bisa Pertahankan Gelar

Kompas.com - 24/01/2023, 11:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Meraih gelar Juara Dunia MotoGP adalah pencapaian luar biasa, tetapi hanya beberapa pebalap yang berhasil mempertahankan mahkota itu di musim berikutnya.

Tantangan tersebut yang kini jatuh ke tangan Francesco Bagnaia dan Ducati, setelah pebalap muda Italia itu merebut mahkota kelas premier pertama Ducati sejak Casey Stoner pada 2007.

Baca juga: Ducati Resmikan Livery Tim Musim 2023, Bagnaia Pakai Nomor 1

Bahkan Stoner, pebalap Australia yang paling sukses di MotoGP tersebut, yang memenangkan kejuaraan dunia kedua bersama Honda pada 2011, tidak dapat mengunci gelar berturut-turut.

Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023

General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, mengakui bahwa menurut statistik tak banyak pebalap yang berhasil mempertahankan gelar di musim berikutnya. Namun dia percaya dengan kemampuan Bagnaia.

“Ini adalah tantangan yang sangat berat, menurut statistik juga,” kata Dall’Igna mengutip Crash.net, Selasa (24/1/2023).

“Hanya ada beberapa pebalap yang berhasil mengulang kesuksesannya di musim berikutnya. Jadi ini tantangan yang sangat rumit, tetapi kami menyukai tantangan dan kami senang mencoba mencapainya," kata dia.

Baca juga: Pertamina Kembangkan Ekosistem dan Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Tim Ducati Lenovo meresmikan livery untuk musim 2023Dok. Ducati Tim Ducati Lenovo meresmikan livery untuk musim 2023

“Kami adalah juara dunia tetapi kami harus beralasan dan rendah hati, yang merupakan karakteristik yang sangat penting dalam olahraga dan kehidupan,” ujar Dall’Igna.

Sejak dimulainya era MotoGP 4-tak pada 2002, hanya Valentino Rossi bersama Yamaha, dan Marc Marquez dari Repsol Honda yang mampu mempertahankan gelar di musim berikutnya.

Adapun di zaman GP500 alias motor-motor 2-tak hanya diraih oleh nama besar lain seperti Mick Doohan, Wayne Rainey, Kenny Roberts, Barry Sheene dan Giacomo Agostini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.