Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

Kompas.com - 24/01/2023, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Meski lebih mudah dalam pengoperasiannya, mobil transmisi matik tetap membutuhkan pengoperasian yang benar untuk menghindari kerusakan.

Seperti halnya saat menggunakan tuas matik posisi P, tidak bisa digunakan pada sembarangan kondisi. Ada syarat yang harus dipenuhi sebelum tuas matik dipindahkan ke P.

Biasanya, pengendara mengabaikan hal ini bila sedang parkir mobil dengan buru-buru atau di parkiran yang posisinya miring.

Baca juga: Saat Parkir, Tuas Mobil Transmisi Matik Seharusnya di Posisi P atau N?

Solenoid Valve mobil matikDicky Aditya Wijaya Solenoid Valve mobil matik

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan memindahkan tuas matik ke P dalam kondisi mobil masih melaju bisa merusak komponen transmisi.

“Mobil dalam kondisi bergerak dan tuas transmisi di geser ke posisi P maka bisa mengakibatkan kerusakan gigi, akan timbul suara yang keras biasanya,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Dia mengatakan perlu diperhatikan dengan betul-betul, apakah mobil sudah berhenti total atau belum sebelum memindahkan tuas matik ke P.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Mobil Transmisi Matik

Overhaul transmisi matik Bengkel Worner Matic Overhaul transmisi matik

“Seperti ketika sedang mau parkir, itu sebabnya dianjurkan menarik rem tangan terlebih dulu untuk memastikan roda mobil benar-benar berhenti, baru memindahkan tuas matik ke posisi P,” ucap Bambang.

Hal serupa juga disampaikan oleh Pemilik Sriyatin Car Agus Setiawan. Dia mengatakan memindahkan tuas matik ke posisi P padahal belum berhenti termasuk kesalahan fatal yang bisa merusak komponen dalam transmisi.

“Memindahkan tuas matik ke posisi P sama saja mengunci putaran roda, sehingga roda penggerak kanan dan kiri akan terpaut namun dalam posisi tidak searah, oleh karena itu roda akan terkunci bila kedua roda menapak permukaan jalan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Kesalahan Pemula yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

Tombol release button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol release button mobil matik untuk fitur keamanan

Dia mengatakan dengan memindahkan tuas matik ke P padahal mobil belum berhenti itu saja saja membebani komponen di dalam transmisi yang saling bertaut.

“Itu sebabnya sebelum memindahkan tuas matik dari D ke P harus melewati N, R dan harus menekan knop agar bisa memindahkan ke P, knop tersebut merupakan pengaman yang menutup kemungkinan terjadi pergeseran tuas yang tidak disengaja,” ucap Agus.

Jadi, memindahkan tuas matik ke posisi P saat kendaraan masih melaju, merupakan kesalahan fatal yang harus dihindari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com