Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 15:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Makin banyak orang ingin punya mobil kencang tapi tampang sederhana. Seperti yang dilakukan Ivan Turkovic, yang menjelali mesin Dodge Viper V10 twin-turbo ke dalam Datsun 1200.

Seperti diketahui Datsun 1200 merupakan pikap imut yang digunakan untuk berkerja. Tak heran jika modifikasi ini menghabiskan waktu lima tahun agar mesin Viper bisa cocok di Datsun.

Baca juga: Kesalahan Pemula yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ivan Turkovic (@evil__dat)

 

Mengutip Carscoops, Ivan hanya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Selain keunikan mesinnya sendiri, mobil ini dengan rasio power-to-weight yang luar biasa ini dibangun untuk balap drag.

Di bawah kap Datsun 1200 tahun 1978 itu kini terdapat mesin V10 8.0 liter dari Dodge Viper 2002, yang mana mesin standarnya menghasilkan 450 tk. Sementara bobot Datsun 1200 aslinya hanya sekitar 1.600 lb atau 725 kg.

Tak berhenti sampai di situ, mesin Viper juga dijejali sepasang turbocharger Garrett GTX42, ECU baru dan bahan bakar metanol dengan peningkatan 5 psi, yang membuat mesin kini mampu meledakkan 600 tk ke roda belakang.

Baca juga: SUV Listrik Chery Bakal Hadir Akhir Tahun Ini?

 

Masih dirasa kurang, Ivan kemudian menambahkan NOS dan beberapa komponen lain. Targetnya ialah mesin itu mampu menghasilkan 1.000 tk.

Sebetulnya tak cuma mesin, Ivan juga mengubah banyak bagian sasis dan suspensi agar mesin Viper bisa masuk dan mobil enak dikendarai,

Rangka asli diganti dengan sasis tabung tiga perempat, yang memungkinkan semua komponen mesin dan transmisi baru dapat dipasang tanpa gangguan. Bagian lantai juga diganti agar bisa menaruh tabung NOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.