Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Motor Favorit Penumpang Ojol, Honda Vario Paling Dipilih

Kompas.com - 23/01/2023, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ojek online atau ojol menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan masyarakat perkotaan. Kemudahan dalam memesan dan bisa mengantar ke mana saja menjadi alasan ojol jadi pilihan utama.

Selain itu, dengan mengandalkan ojol, maka penumpang tidak perlu lagi bawa kendaraan pribadi. Ojol bisa mengantarkan langsung ke tempat tujuan atau jadi kendaraan first mile dan last mile.

Sebenarnya ada beberapa jenis motor yang digunakan oleh pengendara ojol dan tidak semuanya jadi favorit penumpang. Kompas.com mengumpulkan jawaban dari beberapa responden mengenai motor apa yang paling nyaman bagi penumpang.

Pada hasil tersebut, Honda Vario jadi yang paling banyak dipilih. Lalu di bawahnya ada Honda PCX dan Honda Beat. Menutup empat teratas ada Yamaha NMax.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Bukan buat Ojol, Lantas Siapa yang Berhak?

Honda PCX 160 warna Magnificent Red pada tipe CBSDok. AHM Honda PCX 160 warna Magnificent Red pada tipe CBS

Kompas.com membedah spesifikasi dari keempat motor tersebut kenapa jadi yang paling diminati penumpang. Faktor penentunya ada pada ukuran ban, panjang suspensi, dan posisi ergonomis duduk.

Untuk Vario, mengacu pada produk yang paling baru, berarti Vario 125 dan 160. Untuk ukuran ban, Vario 125 memakai 90/80 R14 di bagian depan dan 100/80 14 inci untuk roda belakang.

Sedangkan Vario 160, memakai ukuran ban yang lebih besar, 100/80 14 inci di depan dan 120/70 14 inci di belakang. Kemudian ada panjang suspensi belakang, yakni 333mm (Vario 125) dan 344 mm (Vario 160).

Baca juga: Anak PM Malaysia Dihalangi Pengemudi Lane Hogger di Jalan Tol

All New Honda BeAT meluncur di awal tahun 2020Gilang Satria/Kompas.com All New Honda BeAT meluncur di awal tahun 2020

Selain itu, ada juga ketinggian jok yang tentu berpengaruh pada kenyamanan penumpang saat naik atau duduk. Untuk Vario 125, tingginya 769 mm, sedangkan yang 160, tinggi joknya 778 mm.

Kemudian Honda PCX, memakai ban dengan ukuran 110/70 14 inci di depan dan 130/70 13 inci di belakang. Sedangkan suspensinya punya panjang 365 mm, lebih panjang daripada Vario.

Lalu untuk posisi ergonomis saat duduk, PCX punya tinggi jok sekitar 764 mm. Ketinggian tersebut lebih pendek dari Vario, tapi mengingat bodi PCX yang cukup lebar mungkin jadi pertimbangan kenapa PCX tidak jadi nomor satu.

Yamaha Nmax livery World GP 60 Th Anniversary.Foto: Greatbiker Yamaha Nmax livery World GP 60 Th Anniversary.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.