Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Wuling Targetkan Pangsa Pasar Lebih dari 18 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 17/01/2023, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan masuknya ke segmen pikap kelas B, Wuling Motors Indonesia menargetkan tahun ini dapat mencatatkan performa penjualan yang lebih baik dengan penguasaan pasar lebih dari 18 persen.

Sebab diakui bila persaingan kendaraan roda empat atau lebih usai pandemi Covid-19 makin ketat meskipun secara volume pertumbuhannya begitu positif yaitu 17 persen yoy (year-on-year) menjadi 1.048.040 unit.

Wuling sendiri, mampu meningkatkan penjualan tahunan jadi 29.989 unit (+18 persen) tetapi peringkatnya turun setelah disalip Hyundai (31.965 unit) ke posisi 10.

Baca juga: Pikap Wuling Formo Max Dijual Mulai Rp 162 Juta

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

"Tahun 2022 kita mampu mencapai market share 18 dan untuk tahun ini, tentunya kita ingin semakin lebih baik, lebih dari 18 persen. Tetapi kita lihat nanti dilapangan seperti apa," ucap Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani, Selasa (17/1/2023).

Keyakinan tersebut, sejalan dengan potensi segmen pikap yang diisi oleh Wuling Formo Max karena trennya terus bertumbuh usai terdampak pandemi Covid-19. Kini, rata-rata penjualan di kelas itu sebesar 106.000 unit, berkuasa 40 persen dari total pasar kendaraan niaga.

Tetapi Dian masih enggan untuk menyebutkan target penjualan kendaraan pesaing Daihatsu Grand Max PU ini. Sebab pertumbuhannya cukup bergantung pada penerimaan pasar fleet alias borongan.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Melewati Tanjakan

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

"Lalu, kita juga akan mengeluarkan beberapa produk dan fokus terhadap produk-produk apa saja yang dikeluarkan kemarin. Ada Air EV, Almaz, Confero, Formo, Cortez, sampai ke Formo Max ini," lanjut dia.

Paling dekat, dikatakan bahwa perseroan tengah menyiapkan suatu kejutan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang bakal digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 16-26 Februari 2023 mendatang.

"Nanti tunggu saja kejutan kami di sana. Kalau dikasih tau sekarang, bukan kejutan lagi dong," kata Dian.

Sebelumnya, Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana mengatakan bahwa kehadiran Formo Max merupakan respons perseroan atas sektor usaha yang semakin berkembang, seiring pertumbuhan perekonomian Indonesia usai terdampak pandemi.

Baca juga: Apakah Ada Efek Samping jika Sering Gonta-ganti Merek BBM?

Wuling Motors Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik di Kota MalangKompas.com/Nugraha Wuling Motors Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik di Kota Malang

Beberapa kelebihan pada mobil ini, ada pada daya angkut dan fitur kenyamanannya seperti air conditioner (AC), power steering, sampai power window.

"Formo Max dilengkapi dengan area kargo yang luas dengan fitur keselamatan dan performa mesin bertenaga. Sehingga dapat mendukung kemudahan berkendara untuk mendorong produktivitas usaha harian yang semakin menguntungkan sejalan dengan semangat 'Enteng Bikin Untung'," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke