Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Masih Jadi Tulang Punggung, Ini Rapor MMKSI Sepanjang 2022

Kompas.com - 17/01/2023, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengantongi penjualan retail sebanyak 97.936 unit dengan pangsa pasar 10,6 persen, baik untuk kendaraan penumpang atau niaga ringan.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, pencapaian tersebut jadi apresiasi yang baik dari konsumen sekaligus motivasi untuk terus mengimplementasikan komitmen Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN.

"Kami sangat antusias dan bersemangat menyambut 2023 dengan beragam aktivitas menarik, layanan, serta lini model unggulan yang berfokus memberikan kemudahan, manfaat, dan kepuasan maksimal kepada konsumen," ucap Nakamura, dalam keterangan resminya, Senin (16/1/2023).

Pada 2022, untuk kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan sebanyak 69.629 unit. Seperti biasa, Xpander dan Xpander Cross jadi tulang punggung dengan mendominasi penjualan hingga 51 persen yang diikuti Pajero Sport dengan kontribusi 20 persen.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Melonjak, Wuling Air EV dan Ertiga Hybrid Terlaris

Pajero Sport dan L300 di diler Mitsubishi IndramayuDok. MMKSI Pajero Sport dan L300 di diler Mitsubishi Indramayu

Untuk kendaraan niaga ringan, dari Januari hingga Desember 2022 penjualan retail mencapai 28.307 unit yang dipimpin L300 sebanyak 19.161 unit dan kontribusi 19,5 persen. Untuk pangsa pasarnya lebih dari 55 persen di kelas pikap kecil 4x2.

Triton jadi pemimpin segmen pikap 4x4 dengan pangsa pasar 40 persen dan terjual 9.013 unit sepanjang 2022. Sementara Xpander dan Xpander Cross, terjual 49.917 unit dengan market share 34,4 persen.

Sedangkan pangsa pasar Pajero Sport lebih dari 43,7 persen di segmen medium SUV 2.500 cc baik 4x2 dan 4x4 dengan total penjualan pada 2022 sebanyak 19.686 unit.

Tak hanya itu, Nakamura menjelaskan, sepanjang 2022 MMKSI telah banyak memberikan inovasi produk serta layanan. Seperti menghadirkan model baru New Xpander Cross dan New L300.

Dari standar kepatuhan dan usaha pelestarian lingkungan, Mitsubishi juga telah melakukan penyegaran dan update pada model Pajero Sport, New L300, dan Triton, yang menggunakan mesin spesifikasi Euro-4.

Baca juga: Kenapa Ganti Ban Baru yang Hanya Sepasang Wajib untuk Belakang?

Suasana pameran di stand Mitsubishi pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/3/2022). MMKSI menampilkan total 7 unit display yang terdiri dari kombinasi varian untuk model New Xpander, New Xpander dengan aksesoris, New Xpander Cross, New Pajero Sport, dan model yang sedang dalam tahap studi pasar yaitu Minicab MiEV.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran di stand Mitsubishi pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/3/2022). MMKSI menampilkan total 7 unit display yang terdiri dari kombinasi varian untuk model New Xpander, New Xpander dengan aksesoris, New Xpander Cross, New Pajero Sport, dan model yang sedang dalam tahap studi pasar yaitu Minicab MiEV.

"Sebagai bentuk kontribusi dalam percepatan pemanfaatan mobil listrik di Indonesia, MMKSI melakukan studi bersama dengan empat perusahaan ternama terkait pemanfaatan Minicab MiEV dalam aktivitas operasi bisnis, dan juga kolaborasi bersama lima merek otomotif Jepang untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bali," katanya.

Dari sisi layanan, MMKSI juga secara memperluas jangkauan jaringan, baik diler serta fasilitas bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Konsumen juga dimudahkan dengan penjualan suku cadang secara online via platform e-Commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com