Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2023, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor perlu menjaga jarak dengan aman, terutama ke kendaraan yang ada di depannya. Sehingga, pengendara punya ruang untuk antisipasi, bisa terhindar dari kecelakaan.

Selain menjaga jarak ke arah depan, pengendara motor juga harus paham pentingnya jaga jarak dengan kendaraan yang ada di samping dan juga belakang. Tapi secara porsi, jaga jarak aman ke depan lebih besar.

M. Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, menjaga jarak aman ke depan dan samping itu hal yang bisa dikendalikan, berbeda dengan dari kendaraan yang ada di belakang.

Baca juga: Promo Awal Tahun Motor Honda, Diskon Tembus Rp 5 Jutaan

Naik motor di Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Naik motor di Karimunjawa.

"Takutnya (kalau tidak jaga jarak), terlalu dekat, kita mau belok ngeri juga. Kalau terlalu dekat, kita mau ngerem takut dia sodok kita (dari belakang)," ucap Arief kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menjaga jarak dari kendaraan di samping dan belakang bisa berdasarkan feeling atau perasaan. Jika dirasa terlalu mepet saat menengok ke samping, maka sesuaikan lagi jaraknya biar aman.

"Sebelum menengok atau melirik,pastikan dulu kondisi (jarak) depan kita cukup aman. Jaga jarak di depan cukup, jangan sampai mepet, bahaya," ucap Arief.

Baca juga: Mengapa Mobil PHEV Jauh dari Laris di Indonesia?


Kalau menjaga jarak aman dari kendaraan di belakang, bisa menengok spion. Tapi kesulitannya, pengendara tidak bisa mengontrol agar kendaraan di belakangnya tidak terlalu mepet.

"Maka pengendara bisa berpindah jalur, kasih jalan saja, biarkan duluan (kalau terlalu mepet)," kata Arief.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.