Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2023 Sediakan 1 Hall Khusus untuk Motor Listrik

Kompas.com - 13/01/2023, 11:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 turut mendukung percepatan transisi kendaraan listrik. Untuk itu, kali ini Dyandra Promosindo selaku penyelenggara menghadirkan satu hall khusus untuk motor listrik.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) beserta komponennya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga, membuka peluang manufaktur dan penjualan kendaraan listrik.

Baca juga: IIMS 2023 Digelar Februari, Target Transaksi Rp 3,8 Triliun

IIMS sendiri pada 2019 sudah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik di Indonesia. Saat itu, IIMS menghadirkan program Formula Racing Championship yang merupakan upaya dalam memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang otomotif, khususnya kendaraan listrik untuk dapat tampil di mata publik.

Kompas.com yang penasaran menjajal Smoot Tempur di area test ride PEVS 2022.KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Kompas.com yang penasaran menjajal Smoot Tempur di area test ride PEVS 2022.

"Di IIMS ini, bahkan dari awal-awal kita peduli soal listrik. Kita kasih tempat untuk teman-teman kampus, merek-merek lokal. Tahun ini, lebih spesial, karena satu hall kita sediakan untuk motor listrik," ujar Rudi MF, Project Manager IIMS 2023, saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Kamis (12/1/2023).

"Kita lihat Indonesia targetnya untuk nol emisi kan 2060. Kita sebagai penyelenggara ingin berkontribusi walaupun kecil. Tiap tahun, kita ingin mewadahi para pemain industri listrik yang terbilang baru, ekosistem baru. Makanya, tidak tanggung-tanggung kita sediakan satu hall khusus buat motor-motor listrik. Sekaligus orang-orang bisa langsung tes produknya," kata Rudi.

Baca juga: IIMS 2023 Makin Meriah, Memadukan Pertunjukan Musik

Motor listrik sport Energica di PEVS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motor listrik sport Energica di PEVS 2022

Rudi menambahkan, untuk mobil listrik, area test drive tetap di luar ruangan. Sebab, mobil membutuhkan area bermanuver yang lebih luas.

Untuk merek kendaraan listrik roda dua, nantinya akan diikuti oleh Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby. Selain itu, dikabarkan juga akan ada beberapa merek baru lagi yang akan diluncurkan di IIMS 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com