Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Martin Jadi Pebalap Terkencang MotoGP, Tembus 360 Kpj

Kompas.com - 12/01/2023, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecepatan motor MotoGP semakin meningkat, terutama dalam dua tahun terakhir. Buktinya dengan hasil top speed tertinggi di kelas MotoGP yang kini mencapai 360 Km per jam (kpj).

Menurut pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, rekor kecepatan yang diraih MotoGP tak terlepas dari paket aerodinamika serta sistem elektronik lainnya.

“Kami mendapatkan sedikit dari aerodinamika, dan lebih banyak lagi dengan perangkat (sistem elektronik). Semua hal ini memastikan kecepatan tertinggi yang sangat tinggi,” ucap Marc Marquez, dikutip dari Speedweek, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Rivalitas Bagnaia dan Bastianini di MotoGP 2023

"Jika kecepatan terus meningkat, zona run-off semua trek akan menjadi terlalu kecil,” lanjutnya.

Berdasarkan catatan pebalap terkencang di MotoGP dari tahun ke tahun, kecepatan motor mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dani Pedrosa memegang rekor kecepatan tertinggi di kelas premier untuk waktu yang lama. Ia menorehkan kecepatan 349,3 Kpj di Mugello pada tahun 2009.

Baru lima tahun kemudian Andrea Iannone (Ducati) menggantikannya di puncak dengan kecepatan 349,6 Kpj di sirkuit yang sama.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

Berlanjut pada 2015, Marc Marquez berhasil menembus angka 350 Kpj untuk pertama kalinya di Doha. Namun, rekor kecepatannya hanya bertahan hingga GP Mugello di tahun yang sama. Pada saat itu, Iannone secara bertahap meningkatkan rekornya menjadi 354,9 Kpj.

Andrea Dovizioso kemudian melanjutkan seri untuk Ducati di GP Italia (2018) dengan raihan 356,5 km jam dan (2019) 356,7 Kpj.

Pada 2021, Johann Zarco mencapai tonggak sejarah lainnya. Pebalap Pramac Ducati itu berhasil mengukir rekor baru dengan kecepatan 362,4 Kpj. Dalam musim yang sama, pebalap pabrikan Red Bull KTM Brad Binder menyamakan kedudukan di Mugello, Italia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.