Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Parkir Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 07/01/2023, 16:02 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Banjir bandang menerjang perumahan Dinar Indah Meteseh,  Tembalang, Semarang, diakibatkan tanggul Kali Babon yang jebol, Jumat (6/1/2023).

Ratusan warga sempat di evakuasi ke sejumlah tempat pengungsian sementara. Tercatat, ada sejumlah mobil yang dilaporkan terseret arus banjir

Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di Ngaliyan, beberapa waktu yang lalu. Akibatnya, 6 mobil milik warga setempat terseret banjir dan ditemukan di Sungai Bringin sudah rusak parah. 


Lokasi enam mobil tersapu banjir bandang yang menerjang kawasan permukiman di Wahyu Utomo, Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Senin (7/11/2022).

Tribunjateng/Iwan Arifianto Lokasi enam mobil tersapu banjir bandang yang menerjang kawasan permukiman di Wahyu Utomo, Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Senin (7/11/2022).

Lantas, bagaimana cara aman untuk parkir saat musim hujan? 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, tempat parkir yang terbuka, di bawah pohon, dan di tepi aliran sungai tak disarankan, berbahaya. 

"Cuaca tidak menentu, hujan deras bisa mengakibatkan banjir. Air dikhawatirkan masuk ke dalam kabin. Bahkan, jika di pinggir anak sungai, derasnya arus, akibatnya, lama-lama mobil bisa terseret," kata Sony. 

Baca juga: Waspada Angin Samping Saat Melaju di Tol Layang

Tak hanya banjir, kata Sony, parkiran model terbuka juga berisiko mengakibatkan mobil tertimpa pohon, billboard, atau tiang listrik. 

Selain itu, saat ada potensi ancaman serius seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang, pertolongan darurat juga perlu dipahami. 

Sony menjelaskan, pertimbangan utamanya adalah waktu, jika tidak cukup, langkah antisipasi mencegah hal-hal yang tak di inginkan segera bisa dilakukan. 

Jajaran relawan dan SAR Brimob Polda Jateng sedang melakukan evakuasi korban banjir di Perumahan Dinar Mas, Meteseh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023).Humas Polda Jawa Tengah Jajaran relawan dan SAR Brimob Polda Jateng sedang melakukan evakuasi korban banjir di Perumahan Dinar Mas, Meteseh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023).

"Cepat dan sigap. Jadi, langkah-langkah seperti cabut aki, dan sebagainya pun bisa segera. Apapun bisa dilakukan, termasuk nantinya bila sampai terjadi kerusakan juga tak begitu parah," katanya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, musim hujan sering terjadi banjir, dan tanah longsor, untuk menghindari hal-hal buruk pada mobil, sebaiknya, tempat parkir diperhatikan, terutama struktur tanahnya harus keras dan rata. 

Baca juga: Ingat Honda Motocompo? Kini Ada Versi Listriknya

"Jika alas tempat parkir becek dan berlumpur, berisiko. Ban depan atau belakang bisa-bisa amblas. Nanti sulit sendiri saat mau pergi. Apalagi jika kontur tanah di turunan tajam, licin dan mobil rawan meluncur ke bawah," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com