Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2023, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motocompo merupakan motor legendaris Honda yang unik. Motor tersebut bisa dilipat sedemikian rupa agar bisa masuk di dalam bagasi, saat itu dipamerkan bersama Honda Civic tahun 1980-an.

Saat ini, motor tersebut jadi inspirasi Icoma untuk membuatnya dalam konfigurasi motor listrik. Icoma memberi nama motor listrik ringkas tersebut dengan sebutan Tatamel.

Dikutip dari Motorcyclenews, Tatamel adalah motor ringkas dalam koper, memakai motor listrik dan baterai sebagai sumber tenaganya.

Baca juga: Syarat Beli Motor Listrik Agar Dapat DP 0 Persen

Icoma Tatamel, motor listrik ringkas terinspirasi Honda Motocompomotorcyclenews.com Icoma Tatamel, motor listrik ringkas terinspirasi Honda Motocompo

Bobotnya cuma 50 Kg dan bisa dilipat sampai ukuran 690 mm x 690 mm x 260 mm. Sedangkan kalau dibuka, dimensinya jadi 1.230 mm x 1.000 mm x 650 mm, masih tetap ringkas bentuknya.

Tatamel dibekali dengan baterai 51,2 Volt dan motor listrik 600w yang menghasilkan tenaga 2.000W atau 2kW yang setara 2,68 TK. Kecepatan puncak dari motor ini cukup kencang, 40 kpj dan jarak tempuh 28,9 Km.

Ukurannya yang ringkas saat dilipat dan cukup ringan memberikan kemudahan ketika mau dicas. Motor tinggal dibawa ke dalam ruangan, disimpan di bawah meja dan dicas dengan kabel biasa, cukup tiga jam saja sampai penuh.

Baca juga: Melihat Langsung Cara Kerja ETLE Mobile


Pada bagian depan, memakai roda berukuran 10 inci, sedangkan di belakang 6,5 inci, memang cukup kecil. Untuk suspensi, di depan memakai telescopic dan belakang tunggal (mono).

Ketika dibuka atau riding mode, keluar bagian-bagian penting pada motor, seperti setang, lampu sein, dan komponen lain. Selain itu, ada speedometer juga yang ukurannya cukup kecil serta indikator baterai dan spion.

Pada bagian lampu, sudah disematkan LED di bagian depan dan belakang. Lampu tersebut juga kombinasi lampu rem, sein, dan lampu malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.