Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Getar Awal pada Honda Vario

Kompas.com - 07/01/2023, 15:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Banyak pengguna Honda Vario mengeluhkan ada getaran pada saat tarikan awal motor melaju. Getaran tersebut tentu mengganggu pengendara karena skuter matik menjadi tidak halus lagi.

Padahal, karakter Honda Vario yang normal ketika sedang akselerasi motor bisa melaju dengan halus dan agresif, tidak ada getaran yang timbul di awal.

Lantas, sebenarnya apa yang menyebabkan getaran saat Honda Vario awal jalan?

Baca juga: Penyebab Air Radiator Honda Vario Sering Habis

Roller Honda Vario Kompas.com/Erwin Setiawan Roller Honda Vario

Mekanik Abdi Jaya Motor Cawas Soleh, mengatakan kondisi tersebut pada umumnya disebabkan oleh mekanikal pada CVT Honda Vario.

“Sering, bahkan menjadi penyakitnya Honda Vario ketika awal jalan muncul getaran, jadi akselerasinya tidak halus, itu biasanya ada yang rusak di bagian CVT, perlu dibongkar untuk memastikan komponen mana yang bermasalah,” ucap Soleh kepada Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

Dia mengatakan komponen yang ada pada CVT itu terbilang kompleks, jadi satu komponen dengan yang lain saling berhubungan sehingga penyebab getar saat awal jalan bisa bermacam-macam.

Baca juga: Mesin Honda Vario Overheat, Coba Periksa Ini

Puli sekunder CVT Honda Vario menyatu dengan kopling gandaKompas.com/Erwin Setiawan Puli sekunder CVT Honda Vario menyatu dengan kopling ganda

“Bisa jadi dari rollernya yang sudah tidak silinder lagi, atau sudah peyang, itu akan membuat puli bekerja kurang optimal saat mengembang dan menyusut,” ucap Soleh.

Dia mengatakan roller akan membuat puli primer mengembang ketika kendaraan dipacu. Semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi pula gaya sentrifugal yang akan membuat roller menekan puli.

"Kalau rollernya sudah tidak rata, maka perpindahan rasio menjadi tidak halus, ini bisa saja membuat getaran pada saat awal jalan," ucap Soleh.

Baca juga: Komparasi Konsumsi BBM, Avenis 125 Lawan Vario 125

Stopper kolping ganda terbuat dari karet yang bisa mengeras dan menyebabkan getaranKompas.com/Erwin Setiawan Stopper kolping ganda terbuat dari karet yang bisa mengeras dan menyebabkan getaran

Menurut Soleh, roller yang tidak rata akan membuat gaya dorong kopling ganda tidak stabil, sehingga mengakibatkan getaran pada saat motor awal jalan.

“Bila roller masih bagus, tapi getaran masih ada, maka perlu diperiksa komponen lainnya, karena di dalam CVT sebenarnya saling berhubungan, bisa saja kopling kampas gandanya sudah tipis, atau mangkukknya sudah tergores,” ucap Soleh.

Dia mengatakan sebenarnya getaran tersebut merupakan selip yang bisa terjadi di beberapa titik.

Baca juga: Solusi Penyakit Setang Berat pada Honda Vario

Roller CVT SkutikKompas.com Roller CVT Skutik

“Bisa karena kopling gandanya sudah habis, mangkuknya tidak rata, sabuknya sudah aus, puli yang tidak rata, pelumasnya kering, atau ada karet yang sudah mengeras, maka dari itu saat servis perlu diperiksa semuanya agar performa CVT kembali normal,” ucap Soleh.

Jadi, getaran yang muncul pada saat awal kendaraan melaju pada Honda Vario bisa dari banyak hal, terutama dari bagian CVT-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com