Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik entry level kelas 110cc-125cc merupakan raja jalanan di Indonesia. Karena itu para pabrikan sepeda motor berlomba menghadirkan produk terbaik di segmen ini.

Perwakilan dari kelas 125cc pemainnya cukup banyak. Di pasar motor baru yang hadir yaitu Suzuki Avenis 125, skutik Jepang impor India dan New Honda Vario 125 yang hadir September 2022.

Untuk kali ini Kompas.com akan membandingkan konsumsi bahan bakar atau BBM antara Avenis 125 dan Vario 125.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, 490.212 Kendaraan Sudah Kembali ke Jabodetabek

Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.KOMPAS.com/Adityo Pengalaman pertama jajal Suzuki Avenis 125 di IMOS 2022.

Pengujian dilakukan terpisah. Metode yang dipakai ialah full to full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen dalam perjalanan sehari-hari.

Test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 76 kg. Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Pengendara berusaha berjalan senormal mungkin. Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Baca juga: Remap ECU Bisa Dongkrak Tenaga Mobil Seberapa Besar?

Mencoba Honda New Vario 125 di AHM SRPKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mencoba Honda New Vario 125 di AHM SRP

Khusus buat Avenis 125 Kompas.com melakukan dua tes yaitu konsumsi dalam kota dan luar kota.

Untuk tes konsumsi dalam kota, jarak tempuh mencapai 166 Km dengan jumlah BBM 3,27 liter. Artinya konsumsi BBM untuk dalam kota mencapai 50,7 Km per liter, lebih besar dari rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 49,3 Km per liter.

Adapun untuk konsumsi luar kota dari Jakarta-Jonggol, Bogor, mencatat jarak tempuh 156 Km dan menghabiskan bensin 3.09 liter. Artinya konsumsi BBM luar kota yaitu 50,4 Km per liter. Persis dengan rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 50,4 Km per liter.

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Baca juga: Insentif Kendaraan Listrik Tidak Hanya Dorong Penjualan BEV

Adapun New Vario 125 mengusung mesin yakni 125cc liquid cooled engine dengan teknologi eSP yang menghasilkan 8,2 kW (11,1 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda menyebut New Vario 125 merupakan skutik dengan nilai konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya. Motor mampu melaju 51,7 km per liter dengan metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 147 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,07 liter, hasilnya didapat 47,8 km per liter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.