Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Mitsubishi Fuso Bikin Pelanggan Loyal di Era Euro 4

Kompas.com - 28/12/2022, 18:50 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai menerapkan standar emisi baru bagi kendaraan mesin diesel pada 12 April 2022, menjadi Euro 4 dari sebelumnya Euro 2. Tentunya, kebijakan ini telah diatur melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Aturan tersebut meliputi kategori kendaraan M untuk kendaraan roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan orang, N untuk roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang, dan O buat kendaraan penarik untuk gandeng atau tempel.

Menurut pemerintah pengetatan ambang batas emisi kendaraan perlu dilakukan agar berkontribusi pada pengurangan polusi dan kerusakan lingkungan.

Baca juga: Fuso Optimistis Bisa Hadapi Resesi Tahun Depan

Bahkan, standar emisi yang dikeluarkan pada Euro 2 dan Euro 4 memiliki berbagai perbedaan. Batas emisi Euro 2 (diesel) yaitu CO: 1,00 g/km HC + NOx: 0,70 g/km PM: 0,08 g/km. Sedangkan Euro 4 CO: 0,50 g/km HC + NOx: 0,30 g/km NOx: 0,25 g/km PM: 0,025 g/km.

Tentunya upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk meminimalisasi dampak buruk terhadap lingkungan yang diakibatkan dari jumlah pengguna kendaraan roda empat atau lebih.

Merespons regulasi tersebut, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia menyiapkan strategi untuk bisa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Acara Fuso Truck Campaign di PekanbaruDOK. KTB Acara Fuso Truck Campaign di Pekanbaru

Bentuk nyatanya, yaitu secara resmi meluncurkan sebanyak 29 kendaraan yang terdiri dari 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X yang sudah memenuhi standar Euro4. Keduanya dilengkapi dengan mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X.

Sales and Marketing Director PT KTB Duljatmono mengatakan bahwa KTB akan melakukan optimasi varian kendaraan dengan standar Euro4. Tentunya selalu memberikan pelayanan dan produk terbarik kepada konsumen.

"Kami ingin mengoptimalisasi dengan memberikan layanan terbaik akan kebutuhan kendaraan dari sisi varian di berbagai sektor. Kami optimalkan sesuai kebutuhan konsumen,” tutur pria yang akrab disapa Momon ini.

Layanan Purna Jual

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengirimkan unit Fuso Euro 4 ke sejumlah pelanggan di Jakarta. Dok. KTB PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengirimkan unit Fuso Euro 4 ke sejumlah pelanggan di Jakarta.

Tentunya suatu produk tidak akan berhasil diterima dengan baik di masyarakat, apabila layanan purna jual kurang mendukung. KTB kata Momon tidak mau seperti itu sehingga layanan kepada pelanggan terus dioptimalkan di tengah era Euro 4 di Indonesia.

Salah satu aksi nyata yang dilakukan KTB, yaitu melakukan sosialisasi dan komunikasi intensif terkait Fuso Euro-4 melalui jaringan diler yang terbesar di Indonesia, langsung mendapatkan respons baik dan positif dari pelanggan di seluruh Indonesia.

Sebagai contoh, yakni permintaan dari salah satu pelanggan setia Mitsubishi Fuso di wilayah Jabodetabek, PT. Agung Solusi Trans (Ageng Rent). Dengan pengalaman 40 tahun menjalankan bisnis rental kendaraan, baik komersial maupun mobil penumpang, Agung Rent sangat berhati-hati dalam memilih mitra bisnis.

Baca juga: Penjualan Truk di Indonesia Menurun, Mitsubishi Fuso Masih Unggul

 

Untuk kendaraan niaga, Agung Rent telah mempercayakan Mitsubishi Fuso sebagai mitra untuk mendukung bisnisnya dan telah memesan 119-unit produk Fuso Euro-4.

Varian Canter FE 71, FE 71 Long, FE 74 dan FE 74 Long adalah unit pilihan Agung Rent untuk disewakan kepada end user yang menjalankan bisnis di bidang logistik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com