Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuso Optimistis Bisa Hadapi Resesi Tahun Depan

Kompas.com - 29/11/2022, 15:21 WIB


MALANG, KOMPAS.com – Resesi yang diprediksi akan terjadi pada ekonomi Indonesia pada 2023 bukan tidak mungkin turut berdampak pada pelaku industri otomotif.

Hal ini tentunya menimbulkan banyak kekhawatiran kembali usai pasar otomotif sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

General Manager Business Communication PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors Toto Sudaryanto mengatakan, jika optimistis bisnis Fuso akan tetap moncer sebagai kendaraan niaga di tengah ancaman resesi.

Baca juga: Tak Ganti Keret Wiper yang Rusak, Ruginya Bisa Dua Kali Lipat

“Kalau di 2023 itu terkait isu ekonomi akan berkaitan dengan macam-macam. Tapi kita lihat geliat ekonomi terlebih dahulu. Contohnya kemacetan di jalan yah, artinya ekonomi masih bergerak. Kita lihat indikatornya di situ. Kalau masih banyak truk yang lalu lalang di jalan berarti bisnis masih jalan,” kata Toto di Malang, Minggu (29/11/2022).


Toto menyebutkan, jika melihat ke tahun sebelumnya, Covid-19 sempat membuat bisnis konstruksi turun.

Padahal, bisnis konstruksi ini menjadi pasar yang penting bagi bisnis Fuso. Namun, di tahun 2022 ini penjualan truk mengalami pemulihan seiring bisnis sektor komoditi yang mulai bergeliat.

Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan. Dok. KTB Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara nasional pada periode Januari- Oktober 2022, Mitsubishi Fuso mencatatkan penjualan wholesales 30.111 unit.

Sementara itu pada periode yang sama pada 2021, secara wholesales Fuso hanya mencatatkan 24.789 unit. 

Baca juga: Bahas Desain Skuter Listrik Gambot Alva One

Kemudian untuk retail sales periode Januari- Oktober 2022 sebanyak 30.748 unit. Lalu untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya hanya 28.634 unit.

“Sekarang ini bisnis batu bara masih bagus. Bahkan terus naik. Jadi dari kita tetap jalan. Tapi mudah-mudahan dengan berbagai pendekatan dari dealer dan juga pelanggan kita bisa mempertahankan posisi kita,” kata Toto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.