Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Timur Jadi Lumbung Penjualan Mitsubishi Fuso

Kompas.com - 29/11/2022, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) masih jadi truk terlaris segmen light truck di Indonesia.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara nasional pada periode Januari- Oktober 2022, Mitsubishi Fuso mencatatkan penjualan wholesales 30.111 unit.

Sementara itu untuk pada catatan retail sales yaitu sebanyak 30.748 unit. Dari data tersebut, penjualan dari Jawa Timur berkontribusi besar pada penjualan Mitsubishi Fuso.

Baca juga: Kenapa Mobil PHEV Lebih Irit BBM daripada HEV?

“Kontribusi Jawa Timur untuk Nasional secara ukuran itu kurang lebih per bulan sekitar 130 unit untuk all brand Fuso. Dan karena kita di Malang, komposisinya hampir 80 unit per bulan untuk all brand,” kata Area Coordinator Jawa Timur KTB Topan Carlos di Malang, Minggu (29/11/2022).


Tofan juga menyebutkan jika kontribusi penjualan truk Fuso di Malang ini cukup besar yaitu sekitar 65 persen secara market share perbulan.

“Kemudian, market share kita di Jawa Timur itu sekitar 40-44 persen secara torehan rata-rata dari market share, sehingga kita itu nomor satu,” kata Topan.

Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan. Dok. KTB Agung Rent memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk mendukung operasional perusahaan.

Untuk mempertahankan posisi ini hingga tahun depan, Topan mengatakan, akan memperkenalkan Euro 4 kepada pasar Jawa Timur.

Baca juga: Skutik 150 cc Bekas di Semarang Naik Daun, Cek Pilihannya

Kemudian, untuk strategi mengenalkan unit truk ramah lingkungan tesebut Fuso akan menggunakan dua metode pendekatan.

“Pertama pendekatan retail yang agresif ke segmen yang memberikan dukungan seperti komunitas . Lalu kedua pendekatan flipped yang kita berikan berupa spesial program bagi pelanggan,” kata Topan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com