Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kompas.com - 27/12/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air Conditioner atau AC pada mobil sudah menjadi fitur wajib pada suatu mobil. Pasalnya, mobil tanpa pendingin udara di dalam kabin bakal membuat penumpang menjadi kurang nyaman.

Mulai suhu yang panas ketika siang hari, hingga ada risiko terpapar polusi udara ketika berkendara di jalan yang padat seperti di perkotaan.

Maka dari itu, AC mobil sebaiknya dirawat dengan baik agar senantiasa bisa menyejukkan udara di dalam kabin. Bila AC tidak lagi dingin, ada baiknya kita kenali penyebabnya.

Baca juga: Cara Mudah Supaya AC Mobil Awet

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan ada banyak penyebab AC pada mobil tidak dingin karena sistem AC pada mobil bersifat kompleks dan saling terhubung.

“Yang menyebabkan AC mobil tidak dingin ada banyak hal, sedangkan yang paling sering adalah freon berkurang karena ada kebocoran di dalam sistem AC,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan ketika terjadi kebocoran pada saluran freon, maka perlahan freon akan keluar sehingga zat pendingin pada sistem AC berkurang, itu akan membuat performa AC menurun” ucap Didi.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil?

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

 

Selain itu, dia mengatakan kipas radiator yang mati juga bisa menyebabkan AC menjadi kurang dingin.

“Selain sebagai pendingin radiator, kipas radiator juga berfungsi sebagai pendingin kondensor, meski ada beberapa mobil yang menggunakan kipas tambahan begitu sistem AC bekerja,” ucap Didi.

Dia mengatakan masalah pada rangkaian listriknya juga bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Baca juga: Cara Setel AC Mobil agar Kaca Tak Berembun di Musim Hujan

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Bisa dari fuse, relay, sensor tekanan freon, bahkan bisa juga magnetic clutchnya yang rusak, hal itu akan membuat AC tidak bekerja meski sakelar AC sudah dihidupkan,” ucap Didi.

Dia juga mengatakan bila tidak ada kebocoran, justru biasanya terjadi sumbatan pada saluran AC sehingga freon tidak lancar dalam bersirkulasi.

“Adanya sumbatan di saluran freon bakal membuat performa AC menurun, biasanya yang tersumbat adalah bagian dryer-nya karena komponen ini sebagai filter freon,” ucap Didi.

Baca juga: Manfaat Servis AC Mobil secara Berkala

Jadi, penyebab AC mobil tidak dingin bisa sangat beragam karena sistem AC terdiri dari rangkaian sistem yang kompleks dan saling berhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com