Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setel AC Mobil agar Kaca Tak Berembun di Musim Hujan

Kompas.com - 08/10/2022, 14:02 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain untuk memberikan kesejukan, air conditioner atau AC mobil juga menjadi salah satu fitur yang penting ketika berkendara di musim hujan

Fungsinya tentu bukan sekadar untuk menyejukkan kabin saja, tapi berfungsi menghilangkan atau menangkal embun pada kaca yang menggangu visibilitas. 

Ketika kondisi hujan, suhu di luar ruangan cenderung lebih dingin dibandingkan di dalam kabin. Karena itu, harus diatur agar sesuai dengan suhu luar untuk mencegah munculnya embun. 

Dealer Tehcnical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, supaya tetap nyaman dan tak kedinginan suhu kabin maksimal di setting 25 derajat celcius. 

Baca juga: Libur Panjang, Ada Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor

"Itu sudah standar, ketika hujan ada perbedaan antara suhu luar dan dalam kabin. Kalau suhu di dalam lebih hangat embun akan menempel di kaca," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022). 

 

Selain itu, atur kipas AC paling kecil. Pada beberapa mobil biasanya ada pilihan angka 1, 2, 3 dan seterusnya untuk besaran kipas AC. 

Visibilitas kaca depan mobilKompas.com Visibilitas kaca depan mobil

Jika masih berembun, bisa arahkan lubang ventilasi AC ke atas. Hembusan udara yang tak langsung memancar ke kaca potensi munculnya embun bisa jauh berkurang. 

"Biasanya karena kedinginan, bisa dengan mengurangi suhu atau kekuatan semburan AC ke arah tubuh. Bisa juga dengan membuka sedikit kaca samping asalkan tidak terlalu lama," kata dia. 

Sementara itu, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menyarankan, AC mobil tetap harus dihidupkan walau suhu di luar ruangan jauh lebih dingin. 

Baca juga: RKG-5000, Prototipe Motor Listrik Bobber Rancangan Ridwan Kamil

Biasanya, hal itu dilakukan untuk menyeimbangkan suhu kabin dan cuaca luar yang dingin ketika hujan. 

Ilustrasi kaca mobil berembun Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi kaca mobil berembun

"Yang penting jangan langsung mengarahkan semburan ventilasi AC ke kaca samping kanan atau kiri, sebab nantinya malah berembun," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com