Kompas.com - 10/11/2022, 11:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kenyamanan berkendara mobil bisa tercipta dari suasana kabin yang mendukung. Banyak cara yang dilakukan pemilik kendaraan untuk menyulap kabin, bahkan dengan jalan pintas menggunakan berbagai jenis pengharum beraroma mencolok.

Meskipun demikian, perawatan wajib kabin dan AC mobil yang benar juga banyak manfaatnya. Tak lain untuk menjaga keseimbangan sirkulasi udara di saluran AC tetap segar.

Kuncinya adalah senantiasa merawat filter kabin secara rutin. Kotoran yang banyak menumpuk di sistem AC bisa menyebabkan bau tidak sedap kabin mobil.

Otomatis, kinerja AC juga terbebani karena evaporator yang tertutup, aliran freon jadi tidak stabil. Suhu udara kabin jadi gampang panas, bahkan jika dibiarkan jangka panjang saat evaporator bocor berpeluang menjalar sampai kerusakan komponen AC lainnya.

Sesuai jadwal, filter kabin biasanya diganti interval 10.000 kilometer. Agar penyaringan udara maksimal, pembersihan bisa jadi menu perawatan khusus setiap 5.000 kilometer, karena menentukan kualitas udara yang dihirup.

"Udara kotor bisa berbahaya, tidak nyaman dihirup terlalu lama karena bisa memicu gangguan kesehatan," kata Bambang Sri Haryanto Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang kepada Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Daftar PO Bus AKAP yang Punya Armada Bus Tingkat

Filter kabin atau AC pada mobilDenso Filter kabin atau AC pada mobil

Filter kabin digunakan menyaring kotoran debu halus bahkan sampai jamur yang tumbuh karena kelembaban udara. Bambang menjelaskan, kotoran debu berukuran mikron jadi mudah terhisap masuk ke evaporator.

Jamur interior mobil gampang muncul, hal itu biasanya disebabkan karena suhu udara lingkungan luar dan kabin berbeda cukup jauh. Bisa juga berasal dari oksidasi partikel kimiawi pengharum mobil secara alamiah.

"Jamur yang tumbuh karena perbedaan suhu bisa menciptakan bau apek. Saat sudah masuk sampai evaporator, bisa berekasi kembali jadi endapan lumpur yang menutup celah-celah lubang udara," katanya. 

Perawatan filter kabin yang terlambat, kata dia, bisa mempengaruhi usia pakai komponen-komponen yang saling berhubungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.