Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Supaya AC Mobil Awet

Kompas.com - 14/11/2022, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menjamin kenyamanan dalam perjalanan bersama mobil pribadi, ada beberapa aspek yang harus selalu dijaga. Satu diantaranya ialah kualitas air conditioner (AC) yang selalu dalam keadaan optimal.

Kualitas kerja AC yang baik ini, tidak lepas dari perawatan berkala. Di samping itu, melakukan perawatan juga bisa membuat AC awet sehingga ketika hendak melakukan perjalanan jauh, kenyamanan bisa terjamin.

"Selain perawatan berkala, ada kebiasaan yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengurangi beban kompresor AC agar lebih awet," kata Kepala Bengkel DSS PT Catur Manunggal Perdana Mandiri, Tri Mulyadi, Minggu (13/11/2022).

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 100 Jutaan, dari Ayla sampai BMW

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

"Dalam perjalanan jauh menggunakan trek tol yang panjang misalnya, tak perlu setel suhu AC terlalu dingin maksimal," lanjut dia.

Pasalnya, hal ini yang membebani kompresor untuk bekerja keras dan pada akhirnya juga membuat kinerja mesin makin berat, membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) tidak efisien.

Lantas untuk mobil dengan sistem AC double blower, walaupun tidak ada penumpang di baris belakang sebaiknya sistem AC di bagian kabin tengah tetap dinyalakan.

"Alasannya agar target suhu sejuk yang diinginkan lebih cepat tercapai, serta sirkulasi udara dalam kabin lebih rata,” sambung pria yang akrab disapa Didik lagi.

Baca juga: Polisi Siapkan Rekayasa dan Pembatasan Lalu Lintas Selama KTT G20

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

Mengingat, lebih cepatnya target suhu tercapai, kerja kompresor lebih ringan dan tak membebani mesin.

Tips selanjutnya adalah mempercepat udara sejuk tercapai saat mobil terparkir di luar ruangan ketika panas terik. Ritualnya, buka sebagian kaca mobil, lantas nyalakan sistem AC sekitar 2-3 menit sebelum mobil dikendarai, agar uap panas segera bersirkulasi,

"Ini membantu mempercepat waktu pendinginan suhu kabin, sehingga kerja kompresor pun lebih ringan,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com