Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembangkan Motor Balap Bertenaga Listrik

Kompas.com - 15/12/2022, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Honda mengumumkan rencana untuk serius terjun ke segmen motor listrik. Dalam beberapa tahun mendatang, Honda akan melansir beberapa motor listrik.

Bukan cuma motor listrik buat transportasi, pabrikan asal Jepang itu juga mengungkapkan bahwa akan terjun ke segmen balap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Honda ingin membuat motor listrik balap.

Rencana tersebut tertuang belum lama ini mengenai keikutsertaan Honda Racing Corporation untuk musim 2023 mendatang.

Baca juga: Sampai September 2022, FIF Salurkan Rp 25 Triliun Kredit Motor

Motor listrik Honda EM1 e:PAULTAN.org Motor listrik Honda EM1 e:

Direktur dan pejabat Eksekutif Senior Manajer Honda Shinji Aoyama, mengatakan, Honda sedang mengejar misi baru di arena olahraga motor.

“Sementara itu, Honda memiliki misi penting lain untuk dikejar di bidang olahraga motor," kata Aoyama mengutip Bikesrepublic, Kamis (15/12/2022).

“Ini adalah realisasi netralitas karbon. Honda telah melakukan penelitian dan pengembangan teknologi netralitas karbon sambil secara proaktif memanfaatkan bidang olahraga motor," kata dia.

“Mulai sekarang dan seterusnya, kami akan lebih meningkatkan inisiatif kami untuk menggunakan teknologi tersebut secara praktis dalam aktivitas balap kami," kata Aoyama.

Baca juga: Menu Mobil Matik di Bawah Rp 200 Juta Jelang Akhir Tahun

Meski tahun depan sudah tidak memasok motor MotoE tapi citra Energica sebagai pemimpin teknologi motor listrik di segmen sport tidak luntur.KOMPAS.com/Gilang Meski tahun depan sudah tidak memasok motor MotoE tapi citra Energica sebagai pemimpin teknologi motor listrik di segmen sport tidak luntur.

“Selain itu, dimulai dengan sepeda motor, kami akan menjajaki kemungkinan memperkenalkan kendaraan listrik dalam balapan sebenarnya di mana kami berkompetisi,” kata dia.

Pernyataan Shinji membuat heboh karena artinya Honda mulai memikirkan balapan motor listrik. Meski dia tidak merinci jenis balapannya, dan sebetulnya saat ini sudah ada balapan motolistrik yaitu MotoE.

Selain itu adanya motor balap listrik bisa berarti Honda juga mengembangkan motor sport listrik buat jalan raya. Segmen yang saat ini dikuasai merek Eropa semisal Energica dan Amerika Serikat dengan Zero Motorcycles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com