Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak yang Salah, Mekanisme Sebelum Menyalakan Mesin Mobil

Kompas.com - 15/12/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalakan mesin mobil memang cukup mudah dilakukan, bisa dengan memutar kunci atau menekan tombol.

Tapi, masih banyak pemilik mobil, terutama pengemudi pemula yang tidak paham mekanisme apa yang harus dilakukan sebelum menyalakan mesin mobil.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, ada enam pemeriksaan keamaan alias safety check yang harus dilakukan sebelum mobil jalan.

"Pertama cek tuas transmisi ada di posisi netral (mobil manual) dan P untuk mobil matik. Perhatikan juga rem tangan aktif atau tidak, baru nyalakan mesin mobil," ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2022).

Baca juga: Tips Sewa Mobil Jelang Libur Nataru 2022

Spion tengah mobilErwin Setiawan Spion tengah mobil

Posisi tuas transmisi ini kadang kerap disepelekan, apalagi untuk pemula. Jika mesin dinyalakan saat posisi gigi masuk, maka mobil bisa melompat, apalagi kalau rem tangan tidak aktif, bisa menabrak objek di depan.

Kemudian, cek spion kiri, depan, dan spion tengah. Pastikan area tadi sudah aman dan baru mobil bisa mulai jalan setelah mesin menyala.

Baca juga: Banyak Fungsi Penting, Tren Pasang Dashcam Meningkat


Kadang, ada saja pengemudi yang mengabaikan kondisi di sekitarnya sebelum mobil berjalan. Hal ini yang sebenarnya bisa merugikan diri sendiri atau orang lain saat lupa dilakukan.

"Cek lampu indikator, spion kanan, dan tengok ke arah kanan sebelum berjalan," ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com