Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak produsen otomotif yang membuat mobil dan sepeda motor yang bertahan. Honda adalah satu merek yang berhasil mengembangkan kedua merek di segmen berbeda.

Yamaha contohnya hanya membuat motor, kemudian Toyota membuat mobil. Adapun untuk merek Eropa ada Peugeot yang membuat mobil dan motor. Meski lebih terkenal mobil ketimbang motornya.

Baca juga: Kendaraan Listrik Bisa Mengatasi Masalah Pencemaran Udara

Opel Motoclub 500 Foto: Visordown Opel Motoclub 500

Selain Peugeot, ada lagi produsen asal Eropa yang membuat mobil dan motor tapi tidak berlangsung lama, yaitu Opel. Di awal berdirinya Opel pernah membuat motor tapi hanya bertahan kurang lebih 30 tahun.

Motor pertama Opel muncul pada 1901 dan disebut Motorzweirad, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "motorized two-wheeler" yang diambil dari basis sepeda gowes.

Motor terakhir Opel yaitu Motoclub 500 hadir pada 1928 dan setop produksi pada 1930. Motor ini sekarang menjadi motor langka karena tampilannya yang klasik dan punya teknologi terbilang canggih di zamannya.

Baca juga: Mengenal Beragam Kendaraan Komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat


Mengutip Visordown, Motoclub 500 adalah salah satu motor pertama yang menggunakan rangka baja tekan. Metode konstruksi baru titu memungkinkan waktu produksi dipotong dari 15-25 jam per motor jadi hanya empat jam.

Opel membangun kerangka Motoclub dengan metode ini di bawah lisensi dari Ernst Neumann-Neander, yang memperkenalkan ide tersebut pada 1920.

Inovasi lainnya yaitu menggunakan bantalan udara dan pegas daun di bawah jok untuk meningkatkan kenyamanan. Mesinnya 499cc, satu silinder, 4-tak, bore x stroke 86 mm x 86 mm, karburator mampu dikebut sampai 96 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.