Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Piaggio Indonesia Produksi Vespa Listrik?

Kompas.com - 12/12/2022, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Piaggio Indonesia telah meresmikan pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per tahun. Sebagai awalan, pabrik ini bakal fokus untuk memproduksi merek Vespa.

Seperti diketahui, Vespa LX jadi produk pertama yang diproduksi pabrik Cikarang. Selain skuter itu, banyak yang menanti kehadiran Vespa Elettrica yang sudah meluncur di Eropa. Lantas, kapan Piaggio Indonesia mulai produksi motor listrik?

“Jadi sebenarnya kalau factory itu kita sudah buka, tapi memang tahun ini baru memproduksi LX, itu sangat memungkinkan ada brand-brand lain yang memproduksi,” ujar Ayu Hapsari, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, kepada wartawan, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Peresmian Pabrik Piaggio Group di IndonesiaFoto: Piaggio/TONY Peresmian Pabrik Piaggio Group di Indonesia

“Itu pasti staging, sekarang kita buka pabrik, terus kemudian produksi LX. Tapi kalau ngomongin tipenya apa saja aku enggak hapal, tapi yang pasti kita akan ada. Kalau roadmap aku enggak hafal, yang pasti akan ada improvement terus,” kata dia.

Sebagai informasi, di Eropa motor listrik Vespa Elettrica meluncur dengan tampilan seperti Vespa Primavera. Identitas motor listrik terlihat dari emblem 'Elettrica' yang ada di tepong belakang kanan-kiri motor.

Motor listrik ini punya tiga mode berkendara, yaitu Eco, Power dan Reverse. Selain itu, Vespa Elettrica punya fitur regenerative braking yang bisa mengisi ulang daya saat mengerem.

Baca juga: Video Tips Mudah Mengukur Lebar Bodi Mobil Saat Lewat Jalan Sempit

Pada panel instrumen sudah menggunakan teknologi full digital TFT 4,3 inci seperti Vespa Primavera 75th Anniversary, dan dilengkapi fitur koneksi smartphone Vespa MIA.

Vespa Elettrica punya spek motor penggerak bertenaga setara 5,3 Tk dengan torsi maksimum sebesar 200 Nm.

Bicara soal baterai, motor ini pakai spesifikasi li-ion 86 Ah 48,1 V model fix, yang butuh waktu pengecasan sekitar 4 jam hingga penuh dan jarak tempuh maksimal diklaim bisa mencapai hingga 100 km.

Soal tipenya, tersedia dua pilihan yaitu Elettrica dengan kecepatan maksimal 45 kpj, dan tipe dengan kecepatan maksimal 70 kpj. Selain beda di top speed, Vespa Elettrica tipe 70 kpj dilengkapi dengan rem comby brake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com