Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R | Hari Terakhir Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak

Kompas.com - 12/12/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknik parkir jadi hal wajib dikuasai sebelum pengemudi pemula turun ke jalan raya. Ada beberapa macam, seperti parkir maju, mundur, dan paralel.

Ketiganya membutuhkan teknik dan penguasaan skill yang berbeda. Meski begitu, pengendara mobil matik maupun manual juga penting untuk mengatur posisi gigi transmisi.

Penting diketahui, posisi gigi atau tata cara memindahkan tuas transmisi pada mobil matik yang tak dilakukan secara benar bisa merusak girboks.

 

Selain itu, Polisi masih menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap (gage) di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor. Sistem ganjil genap digelar selama tiga hari yaitu dari 9-11 Desember 2022.

“Gage sendiri sesuai dengan Permenhub itu dimulai dari Jumat jam 14.00 WIB sampai Minggu jam 00.00 WIB,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana dikutip dari NTMC Polri, Minggu (11/12/2022).

Ganjil genap dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2021.

 

 Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 11 Desember 2022 :

 

1. Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Terutama berlaku saat posisi gigi transmisi berada di posisi 'D' akan dipindahkan ke 'R' atau 'P'. Kesalahan yang terjadi tersebut bisa dirasakan dari hentakan keras transmisi yang terdengar sampai kabin.

Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin menjelaskan, untuk mengatur perpindahan gigi transmisi benar-benar halus, caranya dengan menahan beberapa saat posisi transmisi di 'N'. Hal itu tentu saja di imbangi penggunaan rem tangan.

 

2. Hari Terakhir Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak

Polisi sedang mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Polisi sedang mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2022).

Sementara itu, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak sendiri terpantau ada peningkatan.

Bagi kendaraan yang hendak melintas menuju kawasan Puncak tapi pelat nomor dan tanggalnya tidak sesuai akan diputar balik oleh petugas yang berjaga.

 

Baca juga: Hari Terakhir Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak

 

 

3. Sulap Fortuner Lawas Jadi Bertampang Lexus

Modifikasi Toyota Fortuner bertampang LexusFacebook.com/Autorounders Modifikasi Toyota Fortuner bertampang Lexus

 

Toyota Fortuner menjadi salah satu mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang banyak dipilih oleh konsumen Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com