Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potong Suzuki Jimny Jadi Pikap, Plus Turbo

Kompas.com - 12/12/2022, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny terbaru saat ini memang belum ditawarkan dalam berbagai bentuk bodi. Namun rumah modifikasi asal Italia Z.Mode menawarkan paket ubahan Jimny menjadi pikap.

Dikutip dari Carscoops, inspirasi Jimny pikap ini berawal dari Suzuki Samurai. Tapi bedanya dengan modifikasi Jimny jadi pikap yang lain, overhang belakang dibuat tetap sama panjangnya, jadi dimensinya kompak, sama seperti Jimny biasa.

Secara visual, bodi Jimny pikap ini dibuat sama dengan standarnya, tapi bagian belakang sudah dipapas dan dijadikan bak. Kemudian agar lebih kaku, dipasang roll bar pada kabin pikap.

Baca juga: Ubahan Jimny Sierra Lawas Jadi JA71

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zmode Off-road (@zmodeit)

 

Kemudian, bukan cuma bodi saja yang diubah, tapi sektor kaki-kaki juga dibuat lebih kekar. Misal, ada pemasangan suspensi baru yang menambah tinggi 75 mm serta ban yang lebih lebar.

Hasilnya, Jimny pikap Z.Mode punya approach, breakover, dan departure angle yang jauh lebih baik. Jadi dibanding yang standar, Jimny buatan Z.Mode ini bisa menjelajah off-road lebih jauh.

Dipasang juga pelindung diferensial, shaft yang heavy duty, sampai anti-roll bar yang bisa dilepas pasang. Tersedia juga berbagai opsi seperti snorkel, kepet lumpur, LED bar, stiker, sampai pelek dengan beragam tampilan.

Baca juga: Hari Terakhir Polisi Terapkan Ganjil Genap di Puncak


Pada bagian kabin sudah dilapis ulang dengan bahan kulit dan alcantara. Selain itu juga ada berbagai aksen gambar mahkota emas di sandaran kepala, pelat aluminium, sampai ada patung ratu yang dipasang di dasbor.

Beralih ke dapur pacu, mesin 1.500 cc sudah dipasang turbo kit dari Garret T25, teramasuk manifolds, injektor, dan intercooler. Hasilnya, tenaga dan torsi meningkat jauh, jadi 170 TK dari 63 TK dan 270 Nm dari 132 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com