Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif terus berusaha untuk meningkatkan fitur keselamatan pada setiap unit kendaraanya.

Penyematan teknologi keamanan ini sekaligus menjadi pelengkap untuk menambah kualitas, kenyamanan, keamanan pada mobil.

Honda Sensing menjadi salah satu teknologi canggih yang digunakan untuk memudahkan pengemudi dalam berkendara.

Baca juga: Harga Rp 195 Jutaan, Rocky dan Raize Bekas Masih Langka di Semarang

Berdasarkan slogan keselamatan global Honda yaitu “Safety For Everyone”, Honda terus mendukung teknologi terbarukan untuk keselamatan dan sistem bantuan pengemudi. Adalah generasi terbaru dari teknologi Honda Sensing yang diberi nama Honda Sensing 360 dan Honda Sensing Elite.

Honda Sensing EliteHonda Honda Sensing Elite

Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan akan mulai digunakan pada masa mendatang, dimana fungsi-fungsi baru akan ditambahkan oleh Honda.

Pada teknologi Honda Sensing 360 akan dibuat agar dapat mengurangi beban pengemudi, dengan mendeteksi kondisi abnormal yang terjadi pada pengemudi dan juga lingkungan di sekitar kendaraan. Serta dapat lebih mengurangi risiko terjadinya tabrakan dengan fitur omnidirectional 360.

Honda Sensing 360 rencananya akan diterapkan secara berurutan mulai tahun 2024, yang terdiri dari Advanced In Lane Driving with Hands-off Function, Driver Emergency Support System, Exit Warning, Driver Attention Warning and Collision Warning, In-Lane Collision Avoidance Assist Technology dan Emergency Steering Support Technology.

Honda SensingHonda Honda Sensing

Honda Sensing Elite akan dikembangkan menjadi teknologi baru untuk membantu pengemudi mencapai perjalanan yang aman di kondisi jalan manapun, termasuk jalan bebas hambatan, memanfaatkan pengenalan dan pemahaman teknologi kecerdasan buatan (AI) dari Honda.

Honda Sensing Elite terdiri dari Driver assistance on non-expressway roads, Automatic parking assist, Driver assistance for all expressway driving situations. Teknologi baru ini juga rencananya akan diterapkan berurutan secara global mulai tahun 2024.

Adapun tujuan kedua teknologi baru tersebut adalah untuk mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas global yang melibatkan sepeda motor Honda dan mobil hingga setengahnya pada tahun 2030.

Honda juga telah menetapkan target melengkapi semua model mobil barunya secara global dengan Honda Sensing (termasuk 360 dan Elite) dengan fungsi deteksi sepeda motor pada tahun 2030.

Sebagai informasi, Honda Sensing sendiri merupakan perangkat teknologi keselamatan, dan sistem bantuan pengemudi yang saat ini diterapkan Honda pada model produksi massal kendaraan roda empatnya.

Baca juga: Simulasi Kredit Wuling Almaz Hybrid, Cicilan Mulai Rp 8 Jutaan

Teknologi ini telah dipasang pada 99 persen model mobil baru Honda yang dijual di Jepang dan juga Amerika Serikat dan 86 persen secara global. Penjualan kumulatif kendaraan yang dilengkapi dengan Honda Sensing kini mencapai 14 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.