Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2023 Dukung Potensi Besar Kendaraan Listrik

Kompas.com - 09/12/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan digelar dalam waktu dua bulan lagi. Pameran otomotif berskala internasional ini akan kembali mendukung perkembangan kendaraan listrik secara nasional.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) beserta komponennya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga, membuka peluang manufaktur dan penjualan kendaraan listrik.

Sejalan dengan itu, hadirnya kendaraan listrik juga mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkendara yang lebih ramah lingkungan serta efisien dalam pengeluaran ongkos bahan bakar.

Baca juga: IIMS 2023 Akan Kembali Mendukung Industri Wisata Bahari

Kehadiran kendaraan alternatif yang diyakini menjadi solusi alternatif terhadap lingkungan adalah Electric Vehicle. IIMS sendiri pada 2019 sudah memperkenalkan teknologi kendaraan listrik di Indonesia.

Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo KemayoranDok. IIMS Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran

Saat itu, IIMS menghadirkan program Formula Racing Championship yang merupakan upaya dalam memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang otomotif, khususnya kendaraan listrik untuk dapat tampil di mata publik. Hal tersebut menjadi bentuk nyata IIMS turut andil dalam memberikan edukasi kendaraan listrik bagi masyarakat.

Pada IIMS 2023, pameran ini turut diikuti oleh berbagai merek kendaraan listrik, seperti Gelis, Selis, dan Rakata. Melihat perkembangan kendaraan listrik yang semakin masif di Indonesia, tak menutup kemungkinan akan bertambah jumlah peserta pamerannya.

“Kendaraan listriknya kalau kita lihat setelah ada Inpres fenomenanya luar biasa yah. Jadi akan dipastikan di IIMS 2023 pun akan banyak bermunculan merek baru kendaraan listrik,” kata Rudi MF, General Manager Dyandra Promosindo kepada Kompas.com di SCBD, beberapa waktu lalu.

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi XFC Concept Akan Dipamerkan di IIMS 2023?

Rudi menambahkan, akan ada satu area yang dibuat khusus untuk industri pendukung kendaraan listrik. Bahkan, pengunjung bisa test ride indoor untuk motor dan area outdoor untuk mobil.

Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo KemayoranDok. IIMS Ilustrasi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran

Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara, memantapkan persiapan jelang 2 bulan menuju IIMS 2023. Melalui kepesertaan kendaraan roda 4, IIMS akan menampilkan Chery, Honda, Hyundai, MG, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, serta Wuling pada Hall A dan Hall D, JIExpo Kemayoran.

Sedangkan pada segmen kendaraan roda 2 diikuti oleh Benelli-Keeway, Kawasaki, Royal Enfield, Yamaha serta masih banyak lagi brand motor lainnya akan berpartisipasi.

Salah satu daya tarik IIMS 2023 yakni dengan kehadiran deretan program pendukung yang dilaksanakan selama 11 hari pameran, seperti Test Drive, Test Ride, Indonesian Automodified, PAHAMI Audio Contest, Indonesia Offroad Federation (IOF), Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Program Modifikasi By Adipro, IIMS Community Experience by Forum Komunikasi Klub & Komunitas Otomotif (FK30), Miss IIMS, IIMS Awards, Pembalap 3 Generasi, Indonesia Boating Gathering, Remote Control Drift Parade, Mini 4WD Championship, Special Guest Experience, Drone Competition, Sherp, IIMS Push Bike Race, Seminar dan Talkshow.

Aktivitas menarik lainnya adalah hadirnya program “Infinite Live” yang merupakan konser musik di tengah-tengah area pameran IIMS.

Pada sela-sela persiapannya, IIMS 2023 juga mendapatkan dukungan penuh dari CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama beserta jajaran pimpinan KG Media, melalui agenda media visit pada Rabu (7/12) kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.