Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbaikan Apa Saja yang Bisa Dilakukan pada As Roda Mobil?

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - As roda atau drive shaft pada mobil merupakan komponen yang menghubungkan putaran yang dihasilkan transmisi dengan roda-roda penggerak.

Komponen ini bisa saja mengalami kerusakan seiring dengan pemakaian. Awalnya, karet boot as roda bisa sobek karena getas. Hal itu akan membuat oli pelumas CV-Joint mengucur dan lama-lama akan mengering.

Jika dibiarkan, maka CV-Joint bisa rusak karena berputar tanpa ada pelumasan yang baik. Lantas, bila as roda sudah rusak apakah bisa diperbaiki?

Mekanik Aha Motor Tri Winarno, mengatakan untuk as roda yang rusak biasanya diganti satu set, tapi bisa juga dilakukan penggantian dengan produk aftermarket pada bagian yang rusaknya saja.

“Kerusakan paling ringan pada as roda adalah karet pelindung debu, atau bootnya, sebenarnya karet tersebut memastikan CV-Joint tetap terlumasi dengan oli di dalamnya, bila karet ini sobek maka oli akan menetes dan lama-lama akan mengering,” ucap Tri kepada Kompas.com, Sabtu (3/12/2022).

Dia mengatakan boot as roda yang sobek sebaiknya segera diganti agar tidak menyebabkan kerusakan lain yang membutuhkan biaya yang lebih banyak.

“Kalau oli pada CV-Joint dibiarkan mengering, lama-lama CV-Joint bisa aus dan menyebabkan bunyi dan getaran saat mobil melaju,” ucap Tri.

Dia mengatakan CV-Joint yang sudah aus biasanya diganti satu set as roda karena CV-Joint yang orisinal tidak dijual di bengkel resmi.

“CV-Joint tidak dijual di bengkel resmi, jadi kalau mau diganti CV-Joint-nya saja bisa menggunakan produk aftermarket, kami sudah sering melakukan hal tersebut dan hasilnya cukup memuaskan,” ucap Tri.

Dia juga mengatakan selama poros as roda tidak patah atau bengkok, maka as roda masih bisa diperbaiki termasuk melakukan penggantian CV-Joint dan karet boot as roda.

“Yang bisa diganti secara parsial ya CV-Joint dalam dan luar, boot as roda, itu saja, kalau poros as rodanya sudah patah atau bengkok sih sudah susah tapi itu jarang terjadi,” ucap Tri.

Jadi, ada beberapa perbaikan yang bisa dilakukan pada as roda mobil; penggantian CV-Joint yang sudah aus dan boot as roda yang sudah sobek.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/04/114100615/perbaikan-apa-saja-yang-bisa-dilakukan-pada-as-roda-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke