Kompas.com - 13/11/2022, 13:01 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - As roda atau poros penggerak pada roda mobil merupakan komponen yang sangat penting agar mobil bisa berjalan dengan baik.

Poros ini menjadi penghubung putaran yang dihasilkan gearboks menuju setiap roda penggerak. Dengan demikian, as roda menjadi sumbu utama yang membuat mobil bisa bergerak.

Maka dari itu, bila komponen ini mulai rusak akan sangat mudah dikenali gejalanya oleh pengendara. Seperti apa yang dirasakan pengendara bila as roda pada mobil ini bermasalah?

Baca juga: Bahaya Biarkan Boot As Roda yang Sobek

As roda tipe independenKompas.com/Erwin Setiawan As roda tipe independen

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Tri Winarno, mengatakan ada dua gejala yang bisa dirasakan oleh pengendara bila as roda sudah mengalami kerusakan.

“Gejala yang dirasakan bila as roda mulai rusak bisa terasa bila sudah parah, bila kerusakan masih baru sekadar boot as roda sobek, maka gejala tidak akan terasa, yang terlihat hanya tetesan oli di bagian bawah kendaraan,” ucap Tri kepada Kompas.com, Minggu (13/11/2022).

Dia mengatakan gejala yang dirasakan pengendara ketika mobil sedang melaju akan terdeteksi bila as roda sudah lama kering.

Baca juga: Korelasi As Roda Mobil Patah yang Sebabkan Kecelakaan

“Dari boot as roda yang sobek akan membuat oli pada CV Joint habis dan mengering, bila lama-lama dibiarkan tentu saja akan membuat masalah yang mengganggu saat mobil dikendarai,” ucap Tri.

Dia mengatakan gejala kerusakan pada as roda ada dua, hal itu berkaitan dengan jumlah CV Joint yang ada pada mobil.

“Ada dua gejala yang bisa dirasakan pengendara bila as roda sudah rusak, yaitu pada saat tarikan awal dan saat mobil melaju dengan kemudi belok penuh,” ucap Tri.

Baca juga: Mengenal As Roda Listrik dari Bosch

Peredam kejut pada bagian mobilIstimewa Peredam kejut pada bagian mobil

Dia mengatakan pada saat akselerasi tarikan mobil terasa bergetar itu menandakan as roda khususnya pada bagian CV Joint bagian dalam sudah aus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.